Lakukan 3 Hal Ini Saat Menganalisa Social Media Kompetitor

Dalam sebuah bisnis atau perusahaan, kompetitor adalah bagian penting dari sebuah perjalanan bisnis. Kompetitor bukanlah suatu hal yang harus ditakuti, namun jadikan kompetitor sebagai acuan atau ujung tombak dari bisnis yang kamu jalani. Persaingan itu pasti ada, namun kamu pun bisa mengambil hal baik dari kompetitor. Banyak pelajaran yang bisa didapatkan dari kompetitor untuk membuat bisnis kamu lebih sukses. Untuk melakukannya tak bisa sembarangan, ada hal yang perlu diperhatikan. Artikel ini telah merangkum hal-hal yang perlu kamu lakukan saat menganalisa sosial media kompetitor. Simak penjelasannya sampai tuntas.

Tujuan menganalisa kompetitor

Jika kamu menerapkan strategi sosial media marketing untuk pemasaran maka memahami kompetitor juga menjadi salah satu bagian kegiatan marketing yang sangat penting. Hal itu dapat membantu kamu untuk mengatur strategi dan ide yang akan kamu lakukan pada bisnis yang dijalani nantinya.

Apa yang dilakukan saat menganalisa sosial media kompetitor

Langkah awal yang perlu dilakukan sebelum menganalisa sosial media kompetitor adalah ketahui dahulu bisnis kompetitor, reset data, dan jadikan data itu sebagai sesuatu yang perlu dipahami. Berikut 3 hal yang harus kamu lakukan saat menganalisa sosial media kompetitor.

Brand Popularity and Interaction

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah cari tahu bagaimana popularitas dan bentuk interaksi di sosial media kompetitor. Kamu dapat cari tahu ada berapa jumlah followers, like, dan comment yang ada di sosial media kompetitor. Mencari hal tersebut dari kompetitor, bisa membuat kamu paham bagaimana cara brand tersebut mengkomunikasikan produk dan tahu konten mana yang sangat digemari konsumennya.

Brand Sentiment

Selanjutkan kamu mencari tahu reputasi brand kompetitor di sosial media. Dari analisa ini, kamu bisa mengetahui masalah apa saja yang sedang terjadi dan bisa sekaligus menjadi kelemahan dari kompetitor tersebut. Dari masalah dan kelemahan yang dialami kompetitor, bisa kamu manfaatkan sebagai celah dan inovasi baru untuk mengatur strategi bisnis.

Brand Benchmark

Jika telah melakukan analisa hal diatas, selanjutnya kamu pun harus mencari tahu kinerja kompetitor di sosial media. Hal ini meliputi brand image, brand positioning, dan social media performance. Dari analisis tersebut dapat membantu kamu untuk menempatkan posisi brand menjadi lebih terarah dan peluang untuk melakukan perbaikan.

 

Sekarang kamu sudah ada gambaran saat menganalisa sosial media kompetitor? Jika masih bingung dan ingin menambah skill berbisnis kamu bisa daftarkan diri di online course Social Media Management dengan klik DI SINIĀ 

Follow Instagram kami di @digitalmarketingschool.id untuk mengetahui info seputar bisnis dan digital marketing.

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Field is required!
Field is required!
Field is required!

Post a Comment