Langkah-langkah yang Perlu Diperhatikan dalam Membentuk Sebuah Tim Digital Marketing

Memiliki usaha dalam kategori start up dan UKM, membentuk sebuah tim digital marketing akan menghadapi banyak tantangan. Sumber daya yang terbatas, budget dan waktu yang tidak banyak adalah kendalanya. Tapi membentuk tim khusus untuk area digital sangat menantang karena area inilah yang akan membawa banyak keuntungan bagi bisnis Anda.
Apa yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini meski dengan sumber daya dan budget yang sedikit?

Baca juga: Ternyata Ini Faktor Pertama dalam Usaha yang Dijalankan

1. Identifikasi tujuan Anda

Sebelum Anda mengidentifikasi siapa saja yang akan masuk dalam tim strategi digital Anda, terlebih dahulu Anda perlu mengidentifikasi tujuan apa yang nantinya akan didapatkan oleh tim tersebut. Tujuan ini harus segaris dengan tujuan bisnis Anda. Dengan memiliki tujuan yang jelas, Anda dapat mengarahkan tim digital marketing untuk mencapai tujuan tersebut. Misalnya Anda ingin tim digital marketing Anda dapat menarik 1000 subscriber baru dalam 6 bulan, atau menarik perhatian kembali pelanggan yang tidak aktif.

2. Pilih channel dengan hati-hati

Hanya fokus pada beberapa digital channel akan lebih efektif bagi tim digital marketing Anda daripada memasuki semua channel. Mengapa demikian? Tujuanya adalah untuk menghemat waktu dengan hanya memilih channel di mana kebanyakan subscriber Anda aktif di dalamnya. Setelah memilih channel mana yang akan Anda gunakan, barulah Anda dapat memilih tim digital marketing yang akan mengelola channel tersebut.

Baca juga: 5 Cara Menghadapi Komplain dari Customer

3. Maksimalkan apa yang Anda miliki

Bagaimana kasusnya jika Anda tidak dapat mempekerjakan tim digital marketing dan Anda sendiri sudah disibukkan dengan kegiatan lain dalam bisnis Anda? Cara terbaik adalah Anda mengevaluasi diri Anda sendiri dan tim lain dalam bisnis Anda. Lihat siapa yang menurut Anda memiliki skill dalam bidang digital. Anda dapat mulai dengan bahu-membahu membangun digital marketing bagi bisnis Anda.

4. Realistis

Anda harus tetap realistis. Menggunakan media digital dalam memasarkan bisnis Anda terlihat sangat mudah, tapi Anda juga perlu melihat kekuatan Anda sendiri, Anda tentu tidak dapat memasarkan produk dalam media digital seperti yang dilakukan Apple. Sangat penting untuk menyesuaikan aktivitas digital marketing dengan ketersediaan waktu Anda dan tim Anda. Tidak semua aktivitas dalam digital marketing perlu Anda kerjakan.

Baca juga: Hati-hati 5 Kesalahan dalam Berbisnis di Instagram

5. Perencanaan lanjutan

Digital marketing bukanlah sesuatu yang Anda lakukan satu kali saja. Sangat penting untuk mengecek ulang strategi Anda secara berkala dan melihat tren digital yang terjadi saat ini. Buat rancangan aktivitas yang jelas dari setiap aktivitas dalam digital marketing yang Anda lakukan. Ikuti rencana yang telah Anda buat, dan jangan lupa memonitor hasilnya untuk evaluasi bisnis Anda di masa yang akan datang.

Membentuk tim digital marketing dengan budget yang terbatas tidaklah mustahil, kuncinya adalah Anda memiliki perencanaan dan eksekusi yang baik pula. Maksimalkan apa yang sudah Anda miliki saat ini ketimbang sibuk mencari sumber daya baru untuk digital marketing bisnis Anda.

Post a Comment