viral marketing

Manfaat Viral Marketing Tuk Pertumbuhan Bisnis Onlinemu

Kamu pernah liat sebuah iklan perusahaan yang nyeleneh atau memiliki konsep ‘out-of-the-box’ yang tiba-tiba menyebar dengan cepat di dunia maya?

Jika kamu pernah melihat hal seperti di atas, itulah yang disebut dengan Viral Marketing. Ialah upaya untuk menyebarkan informasi tentang suatu produk atau jasa yang berasal dari mouth-to-mouth melalui internet atau platform Social Media.

Sebelum ada Social Media, Viral Marketing terjadi karena seseorang yang menyampaikan informasi kepada satu orang lainnya. Namun semenjak adanya Social Media dan kemudahan berbagi informasi melalui internet lainnya, perusahaan bisa mendapat lebih banyak exposure atau perhatian dari banyak orang.

Keuntungan dari Viral Marketing

Pertama, tentu saja, lebih murah. Kenapa bisa lebih murah?

Biasanya pebisnis atau perusahaann memasang iklan di billboard atau iklan melalui media massa yang sudah pasti mengeluarkan banyak uang untuk membayar biaya pemasangan iklannya.

Namun berbeda dengan Viral Marketing, kamu hanya perlu memasangnya di platform media sosial bisnismu. Kamu bisa menekan biaya iklan yang dibutuhkan.

Kedua, lebih mudah menjangkau dan berinteraksi dengan audiens. Iklan atau promosi yang sudah kamu unggah di media sosial akan memiliki kesempatan untuk dilihat banyak audiens dan jangkauannya pun tak terbatas.

Selain itu, konten iklan dan promosi kamu juga bisa mendapat respon dari audiens, jika mereka melihat konten yang kamu ciptakan memiliki unique value yang membuat mereka ingin terlibat di dalam interaksi kontenmu

Bukan tidak mungkin juga, mereka akan membagikan konten promosimu ke rekan-rekan terdekat mereka.

Manfaatkan Tren Di Kalangan Masyarakat dan Internet

Viral memiliki kaitan yang erat dengan tren. Makanya kamu perlu riset tentang apa yang sedang ‘in’ di kalangan masyarakat dan internet.

Ini agar kamu mampu melihat tren untuk kamu jadikan peluang agar bisa menciptakan Viral Marketing yang beda dan unik.

Contohnya, orang-orang mendapatkan sesuatu yang baru dan sedang nge-tren dari platform TikTok. Nah kamu bisa memanfaatkan platform tersebut untuk mendapatkan inspirasi sekaligus tempat kamu akan mengeksekusi konten Viral Marketing kamu.

Jangan Lupakan Libatkan Emosi Audiens!

Viral Marketing tidak akan berhasill dan menjadi populer begitu saja. Kunci keberhasilannya ada pada bagaimana kamu melibatkan emosi mereka.

Jadi, buatlah alur cerita yang menarik dan menyentuh emosi audiens. Contoh perusahaan yang sering melibatkan emosi audiens dalam setiap konten promosinya adalah GoJek, Grab, Tokopedia dan lain sebagainya.

Itulah dia pemahaman tentang apa itu Viral Marketing. Kunjungi digitalmarketingschool di website dan Instagram untuk dapatkan informasi ter-up-to-date seputar Digital Marketing.

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Nama Lengkap
Bidang wajib diisi!
Bidang wajib diisi!
Nomor Handphone
Bidang wajib diisi!
Bidang wajib diisi!
Email
Bidang wajib diisi!
Bidang wajib diisi!

Post a Comment