
5 Digital Tools untuk Menciptakan Brand Equity
Kamu yang mempunyai suatu produk baik itu barang atau jasa pasti selalu berusaha untuk memperkenalkan produkmu melalui suatu mekanisme. Cara yang paling umum dilakukan adalah dengan menciptakan sebuah merek. Namun, menciptakan saja tidak cukup, terkadang orang mudah melupakan sebuah merek yang kamu tawarkan. Oleh karena itu, kamu juga perlu untuk membangun brand equity (ekuitas merek) dengan memanfaatkan digital tools.
Ekuitas Merek secara sederhana diartikan sebagai nilai tambah yang diberikan merek (brand) kepada perusahaan. Ekuitas ini juga mengacu pada persepsi konsumen ketika melihat merek tersebut, persepsi yang positif akan sangat menguntungkan bagi perusahaan karena itu artinya konsumen telah mengenal dan mempercayai produk yang kamu tawarkan. Sebaliknya, persepsi yang negatif akan merugikan perusahaan karena konsumen akan ragu sehingga akhirnya tidak memilih produk yang kamu tawarkan. Apabila kamu masih berusaha untuk membangun ekuitas merek, maka tidak ada salahnya kamu memanfaatkan digital tools ini untuk terus membangun merek kamu agar lebih dikenal dan dipercayai orang-orang.
Digital Tools apa saja yang bisa digunakan untuk menciptakan Brand Equity?
Website
Meningkatkan kepercayaan konsumen bisa kamu lakukan dengan mempunyai website untuk produk yang kamu tawarkan. Biasanya orang-orang akan lebih mudah mencari informasi di website dibanding platform lainnya, maka dari itu tetap utamakan UI/UX agar konsumenmu tetap merasa enjoy selagi mencari-cari informasi mengenai produkmu.
Social Media
Di jaman sekarang selain website kamu harus bisa memanfaatkan sosial media secara maksimal. Hal itu karena orang-orang lebih sering menggunakan sosial media untuk berselancar di dunia maya dibanding langsung mencari produkmu lewat website. Temukan strategi terbaik agar kedua platform yang kamu punya untuk menjangkau orang-orang terpakai secara maksimal!
Paid Advertising
Tidak ada salahnya kamu mengeluarkan sedikit biaya ekstra untuk mempromosikan produk yang kamu punya. Sekarang sudah banyak jenis iklan yang bisa kamu pilih mulai dari iklan di sosial media maupun media-media konvensional lainnya. Pelajari juga cara-cara beriklan yang baik dan benar agar biaya yang telah kamu keluarkan bisa mendatangkan income yang besar.
Gunakan SEO
Mempunyai konten yang bagus dan telah didukung dengan iklan yang berbayar tidak menjamin produkmu akan langsung ditemukan oleh para calon konsumenmu. Oleh karena itu, opsi menggunakan SEO merupakan tambahan yang bisa kamu pertimbangkan untuk memaksimalkan usahamu mencapai brand equity.
Email Marketing
Email marketing masih dirasa menjadi alternatif dalam mempromosikan produk yang kamu tawarkan. Dengan email marketing kamu bisa mendekati audiensmu secara lebih personal.
Dengan mengimplementasikan kelima hal tersebut dapat membantumu untuk menciptakan brand equity produkmu, meskipun tidak serta merta karena hal tersebut membutuhkan strategi lain yang lebih efektif dan efisien. Ingin tahu? Kamu bisa bergabung di online course Social Media Management for Business hanya di Digital Marketing School. Klik di sini