branding di social media

Mari Intip Cara Nike Lakukan Branding di Social Media

Pernah berpikir bagaimana sebuah brand besar bisa bertahan bahkan melakukan ekspansi terhadap branding-nya? Mungkin Nike bisa kamu lirik sebagai contohnya. Pada 2020, yaitu ketika pandemi mulai merebak di seluruh dunia, Nike menempati peringkat teratas di dunia sebagai brand yang bergerak di bidang sports apparel dengan brand value sekitar 34.79 miliar US Dollar. Sungguh sebuah pencapaian yang luar biasa bukan? Lalu, bagaimana Nike bisa melakukan branding sebesar itu? Yuk, langsung kita lihat saja bagaimana Nike melakukannya dalam sisi branding di social media Facebook dan Instagram-nya.

Membuat Branding yang Lebih Terfokus

Kalau kamu search Facebook Nike di google, kamu bisa melihat ada beberapa akun Facebook Nike dengan kategori dan sajian konten yang berbeda-beda dan lebih spesifik. Hal ini juga Nike terapkan di Instagram. Selain akun induk Nike, kamu bisa menemukan beberapa akun seperti Nike Sportswear, Nike Skateboarding, Nike Football, dan lain-lain. Hal ini bisa kamu terapkan jika brand kamu sudah cukup besar. Kamu bisa melakukan branding di social media dengan konten yang lebih fokus dan spesifik pada satu segmen.

Menarik dan Menyasar ke Target Audiens yang Tepat

Di berbagai postingannya, Nike banyak membuat konten-konten yang menampilkan atlet-atlet idola dan menyajikannya secara “story-tell”. Hal ini membuat konten-kontennya jadi menarik bagi kalangan pencinta olahraga, sesuai dengan brand Nike yang bergerak di bidang sports apparel, dan mendapat banyak engagement dari mereka. Hal yang sama bisa kamu lakukan terhadap bisnis kamu saat branding di social media. Kenali produk atau jasa bisnis kamu, lalu kenali target audiens kamu, dan sajikan konten menarik yang tepat.

Menyajikan Konten Inspiratif dan Inklusif

Melakukan branding di social media tidak hanya sekadar berjualan, tapi juga menyajikan konten yang bermanfaat dan memberi dampak pada sosial. Masih berkaitan dengan poin kedua, Nike juga banyak menampilkan orang-orang hebat dengan cerita-cerita yang inspiratif.

Selain itu, Nike juga peka terhadap isu sosial yang tengah terjadi, misalnya dukungan terhadap kaum kulit gelap saat tagar #BlackLivesMatter trending. Melalui branding di social media-nya, Nike telah membangun brand bisnis yang inklusif dan berpihak pada kaum terpinggirkan.

Cari tahu info menarik dan up to date lainnya di sini dan Instagram Digital Marketing School.

 

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Nama Lengkap
Field is required!
Nomor Handphone
Field is required!
Email
Field is required!

Post a Comment