Mau Tahu Tips Foto Produk untuk Jualan Online Hanya Menggunakan HP Tanpa Perlu Fotografer Profesional? (Bagian 2)

Di artikel sebelumnya sudah membahas 5 tips foto produk untuk jualan online hanya menggunakan HP dan berikut pembahasan 5 sisa tips lainnya:

Pelajari juga cara membuat konten iklan yang dapat menjual di Instagram.

6. Agar calon pembeli bisa lebih mengenali produkmu, akan lebih baik jika kamu mengambil foto dari beberapa angle atau sudut potret

Sudut potret (angle) sangat mempengaruhi hasil fotomu. Angle yang pas dari tiap objek yang akan kamu foto tentunya berbeda-beda. Misalnya, foto produk baju yang dipakai oleh model akan bisa memberikan gambaran jika diambil dari depan dan belakang. Sedangkan produk makanan akan lebih menarik jika diambil dari atas.

Bila perlu, kamu boleh mengambil foto dari beberapa angle yang berbeda untuk menunjukkan detail produk. Untuk menentukan angle yang tepat, maka kamu harus berlatih sesering mungkin dengan berbagai objek foto.

Baca juga: Mau Tahu Tips Foto Produk untuk Jualan Online Hanya Menggunakan HP Tanpa Perlu Fotografer Profesinoal? (Bagian 1)

7. Hindari melakukan zoom atau perbesaran pada kamera HP karena akan menurunkan kualitas foto, lebih baik dekati saja objeknya

Kamera HP cenderung memperkecil obyek foto, usahakan agar kamu memotret dari jarak yang cukup sehingga keseluruhan obyek bisa memenuhi frame tanpa harus menggunakan zoom. Perbesaran ini akan menurunkan resolusi foto secara keseluruhan dan membuat foto menjadi nggak tajam.

8. Kenali waktu jeda antara memencet shutter dan saat kamera mulai mengambil foto, pegang erat HP-mu agar foto nggak kabur

Semakin stabil kamera semakin bagus foto yang dihasilkan. Usahakan tanganmu tetap tenang saat mengambil foto. Jika perlu, manfaatkan benda yang lebih stabil sebagai sandaran, misalnya pohon atau tembok untuk membantu kestabilan tangan.

Baca juga: Sebelum Beriklan di Sosial Media, Sudah Tahu Perbedaan Awareness, Consideration, dan Conversion?

9. Percantik fotomu dengan fitur edit foto yang tersedia di HP-mu. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan karena justru akan membuat foto produk terlihat palsu

Salah satu cara mudah untuk mempercantik hasil foto produk adalah dengan menggunakan aplikasi pendukung untuk mengedit foto. Memang nggak ada salahnya kamu menambahkan filters tertentu pada foto produk, asal jangan berlebihan. Editlah dengan tujuan utama untuk memperkuat kesan foto, bukan untuk menghiasnya atau memanipulasi keadaan sesungguhnya.

Kamu cukup mengedit foto seperlunya, misal untuk menaikkan contrast dan brightness foto. Penggunaan efek yang terlalu berlebihan hanya akan membuat foto produk kamu terlihat palsu dan membuat produk asli yang diterima pembeli nantinya berbeda jauh dengan produk yang terlihat pada foto. Daripada pembeli kamu kecewa nantinya, ‘kan?

Baca juga: Ketahui 5 Langkah Mudah Pasang Iklan di Instagram Bisnis

10. Agar foto produkmu nggak dipakai oleh orang lain tanpa izin, jangan lupa untuk menambahkan watermark pada fotomu

Watermark fungsinya untuk menandai sumber foto atau milik siapa foto tersebut. Tambahkan watermark pada semua foto produk yang terpajang di etalase toko online-mu. Penempatan watermark juga harus kamu perhatikan. Hindari menambahkan watermark pada bagian pojok foto karena mudah dihapus.

Sebaiknya letakkan watermark di tengah produk, tapi jangan lupa untuk mengatur transparansi foto biar nggak menutupi bagian utama produk.

Baca juga: Ketahui Apa Saja Manfaat Team Building dalam Perusahaan

Setelah mengetahui trik mengambil foto produk menggunakan kamera HP ini, sering-seringlah berlatih untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal. Jika kamu sudah khatam dengan trik-trik ini, maka usaha jualan online-mu bakal beberapa tingkat lebih menarik. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk visual yang cenderung melihat sesuatu dari tampilan fisiknya. Selamat jeprat-jepret, ya!

Post a Comment