Memulai Bisnis Online, Pilih Social Media atau Marketplace?

Berbisnis di era digital seperti sekarang mungkin sekali dilakukan tanpa bertemu langsung. Banyak penjual yang hanya bermodalkan barang, gadget, dan koneksi internet sudah bisa mendapat penghasilan yang bisa dibilang lumayan. Hal tersebut terjadi apalagi kalau bukan karena semakin populernya bisnis online! Banyak channel yang bisa digunakan untuk memulai bisnis online seperti social media maupun marketplace. Namun, dari kedua platform tersebut kamu pilih social media atau marketplace? Yuk ketahui seluk beluknya!

Social Media

Pada dasarnya social media digunakan sebagai tempat untuk bersosialisasi virtual. Hanya beberapa tahun ke belakang saja social media dijadikan ajang untuk memasang iklan karena semakin menjamurnya toko online di social media. Saat ini ada dua platform yang cukup menjanjikan untuk dijadikan tempat berbisnis online, sebut saja Facebook dan Instagram. Kedua platform tersebut bahkan sudah dilengkapi berbagai fitur yang memudahkan pengguna untuk berbisnis online.

Terlihat mudah bukan? Namun, harus kamu ketahui bahwa berbisnis online lewat social media juga ada beberapa kekurangan. Berjualan melalui social media berarti kamu harus melakukan segala sesuatunya secara mandiri karena minimnya sistem yang tidak seperti marketplace. Selain itu, kamu juga harus menyediakan konten yang menarik secara visual agar bisa bersaing dengan kompetitor sejenis.

Marketplace

Platform marketplace adalah salah satu yang juga populer di kalangan masyarakat. Berbisnis online lewat marketplace bisa jadi salah satu peluang yang bagus. Hal tersebut karena berbisnis di marketplace sudah tersedia semua sistem yang akan memudahkan penjual maupun pembeli. Melihat dari sudut pandang penjual, berjualan di marketplace kamu tinggal mengunggah foto dan menentukan harga.

Berbisnis online lewat marketplace pun sama memiliki kekurangan. Ibaratnya marketplace adalah sebuah pasar, semakin ramai pengunjung semakin banyak pula penjual. Dengan begitu, hal yang mungkin bisa dilakukan sebagai pembeda adalah harga yang ditawarkan kepada pembeli, sehingga kemungkinan penjual akan mendapatkan low margin alih-alih keuntungan yang besar.

Kedua platform tersebut bagus untuk dijadikan tempat berbisnis online dan memiliki kelebihan kekurangan masing-masing. Semua hal tersebut bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan yang kamu perlukan dalam menjalankan bisnis online. Buat kamu yang ingin belajar lebih cara-cara berbisnis online, bisa banget ikuti online course di Digital Marketing School dengan klik DI SINI.

Ikuti kami di Instagram @digitalmarketingschool.id untuk info seputar digital marketing dan bisnis.

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Field is required!
Field is required!
Field is required!

Post a Comment