Mengenal Copywriting: Beginners Guide

Sebetulnya apa sih copywriting itu?

Copywriting adalah seni menjual produk/ jasa melalui tulisan ( biasanya digunakan pada web page, ads materi promosi, dll.) yang dapat mempengaruhi prospek customer untuk mengambil tindakan. Dengan kata lain, copywriting itu seperti meng-hire seorang salesman untuk menjangkau semua customer sekaligus. Nah, kalo seorang tim sales menghubungi satu persatu customer, seorang copywriter akan menjangkau semuanya dalam satu waktu, baik itu melalui billboard, postingan/iklan di social media, blog post ataupun landing page, dll.

Desain, content marketing, SEO semuanya itu merupakan bagian dari rencana digital marketing, nah.. copywritinglah yang menyatukan semuanya. Copywriting dapat mengkonversikan pembaca menjadi customer.

Bagaimana sebenarnya agar kamu bisa menjadi seorang copywriter yang handal?

Apakah kamu harus kuliah dulu dan menghabiskan uang puluhan juta untuk dapat gelar? atau kamu harus membaca ratusan buku mengenai copywriting? atau bahkan coba latihan membuat ratusan sales letter?

Nope, you don’t have to

Mari kita bahas!

 

Mengapa memahami produk itu sangat penting?

Kamu bisa menulis copywriting dari apa yang kamu tahu dulu. Setelah itu kamu perlu tahu lebih detail apa yang ingin kamu jual apa fiturnya, apa benefitnya sehingga kamu bakal dapet ide gimana cara untuk menjualnya.

Berita baiknya adalah kalau kamu seorang pemilik bisnis atau blog, kamu sudah mengetahui produkmu dari dalam dan luar. Kamu tahu fitur-fiturnya, memahami cara kerjanya, dan terbiasa dengan manfaat yang diberikannya kepada customermu. 

Tetapi jika kamu seorang copywriter, kamu perlu melakukan penelitian mendalam. Sebagai pebisnis, kamu bisa langsung menuliskan apa yang sudah kamu ketahui. Kamu tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk meneliti produk dan membuat catatan. 

Nah… Pastikan deskripsi produkmu menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Bagaimana kamu mendeskripsikan produk kamu?
  • Apa yang unik/spesial dari produkmu?
  • Apa manfaat signifikan yang dapat diberikan dari produkmu
  • Pain apa yang diringankan dari produk tsb.

Memahami customer

Di samping memahami produk luar dan dalam, langkah terpenting dalam copywriting adalah mengetahui kepada siapa kamu menjual. 

Caramu menjual apapun yang kamu jual ditentukan oleh kepada siapa kamu menjualnya, apa yang ingin mereka beli, dan apa yang akan meyakinkan mereka untuk melakukan pembelian. Ini semua tentang pelanggan, bukan bisnis kamu. Menjual kepada ibu rumah tangga, berbeda penulisan copywritingnya dengan menjual kepada eksekutif bisnis.

Kamu mungkin bertanya-tanya, “Kenapa ini begitu penting?” Ini penting karena setiap kelompok customer memiliki harapan, ketakutan, mimpi, dan harapan yang berbeda. Ibu rumah tangga, misalnya, memiliki prioritas yang berbeda dari eksekutif bisnis. Menyimpan uang lebih penting bagi ibu, sedangkan menghemat waktu lebih berharga bagi para eksekutif. Perbedaan-perbedaan ini mempengaruhi cara kamu menulis dan bagaimana kamu menjual produk. 

Memahami apa yang customer inginkan, butuhkan dan takutkan adalah kunci utama dalam membuat powerful copywriting Melakukan survey customer adalah lifesaver. Daripada harus menebak apa yang customer rasakan, tanyakan langsung kepada mereka.

Intinya adalah… Always put yourself in their shoes!

 

Sebetulnya masih banyak yang perlu dibahas mengenai copywriting, mulai dari pembuatan headline menentukan CTA sampai teknik pembuatan emotional dan simple offering. Tapi tenang… semua akan dibahas secara mendalam di Live Online Learning Copywriting for Social Media oleh seorang Senior copywriter dari Digital Marketing School. Klik link disini untuk lihat benefit apa yang akan kamu dapatkan kalau kamu mengikuti pembelajaran ini!

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Field is required!
Field is required!
Field is required!

Post a Comment