fbpx

Mengenal Digital Marketing Funnel dan Proses Tahapan nya

Digital Marketing Funnel adalah salah satu strategis pendekatan baru yang perlu dilakukan oleh para pebisnis. 

Karena saat banyak orang menghabiskan waktu mereka sebagian besar di sosial media, Anda sebagai pebisnis harus hadir dengan mampu memberikan edukasi, informasi serta solusi bagi para customer Anda. Strategis marketing dalam ruang digital disebut juga dengan digital marketing funnel.

Dalam digital marketing, digital marketing funnel memiliki tahapan yang sangat berkaitan satu sama lain untuk menghasilkan sebuah konversi. Seperti apa strategi dan tahapannya? Simak ulasannya berikut ini.

Awareness dan Interest

Kedua jenis digital marketing funnel ini merupakan tahap awal sebelum calon pembeli melakukan keputusan untuk membeli produk atau jasa Anda. Pada tahap awareness, Anda melakukan pendekatan yang bertujuan agar calon pembeli Anda mengenal terlebih dahulu brand bisnis Anda. Ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli terhadap sebuah brand.

Setelah awareness, calon pembeli akan mulai memiliki rasa untuk mencoba membeli atau menggunakan produk. Bahkan dalam beberapa kondisi, jika Anda mampu membangun awareness yang baik kepada calon pembeli, calon pembeli akan secara sukarela mencari tahu lebih dalam mengenai bisnis Anda. Jika begini, tandanya calon customer sudah mulai suka dengan brand bisnis Anda.

Consideration dan Intent

Tahap selanjutnya dari digital marketing funnel adalah consideration. Dalam tahapan ini, calon pembeli sudah memiliki rasa yang setingkat lebih tinggi, melainkan adanya aksi untuk memutuskan menghubungi penyedia produkuntuk menanyakan lebih rinci mengenai produk yang mereka ingin.

Selanjutnya tahapan intent terjadi saat customer mulai ada rasa minat untuk membeli atau menggunakan produk karena merasa produk memiliki nilai dan manfaat yang bisa menjadi solusi dari masalahnya.

Decision/ Action

Nah di tahap terakhir ini, calon customer sudah mulai memutuskan untuk melakukan aksi pembelian terhadap produk yang akan digunakan. Mereka akan melakukan transaksi pembayaran dan dalam tahap ini, penting untuk tetap membangun relasi dan meningkatkan loyalitas pelanggan misalnya dengan memberikan garansi atau layanan tanya jawab.

Kamu juga bisa mendapatkan materi lebih banyak dan mendalam mengenai digital marketing funnel dengan mengikuti kelas Digital Business Class Professional Program. Cari tahu seputar info nya di website dan Instagram Digital Marketing School

[super_form id=”14361″]

Post a Comment