fbpx
3 Tips Meningkatkan Brand Awareness agar Semakin Dikenal Konsumen

3 Tips Meningkatkan Brand Awareness agar Semakin Dikenal Konsumen

Brand awareness menjadi salah satu kunci untuk mempertahankan eksistensi suatu brand. Tanpa adanya brand awareness, maka brand tersebut akan susah dikenal oleh calon konsumen dan sulit bersaing dengan kompetitor. Namun, kadang meningkatkan brand awareness tidaklah mudah; perlu strategi khusus, waktu yang panjang, dan perencanaan yang matang agar proses mengenalkan brand berjalan secara efektif. Jangan khawatir, ada 3 tips menaikkan brand awareness yang kamu bisa terapkan. Simak selengkapnya di bawah ini ya!

Rutin Campaign di Media Sosial

Menjalankan campaign tradisional melalui media cetak perlu mengeluarkan biaya lebih banyak, sehingga cenderung boros. Karenanya, sosial media menjadi alternatif terbaik untuk melakukan campaign. Dengan biaya yang lebih hemat dan penggunaanya yang lebih simple, kamu juga bisa mendapatkan awareness yang sama layaknya promosi lewat media cetak. Ada dua cara yang bisa kamu terapkan, yaitu campaign organik dan paid. Pada campaign organik, kamu tak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun; cukup mainkan kreativitas dan manfaatkan sosial media sebaik mungkin. Sementara untuk campaign paid, kamu bisa menggunakan Facebook Ads, Tiktok Ads, atau Youtube Ads sebagai sarana beriklan.

Kolaborasi dengan Brand Lain

Jika mempromosikan brand sendiri masih kurang efektif, maka tips meningkatkan brand awareness kedua yang perlu kamu coba adalah kolaborasi. Saat ini, banyak brand yang saling bekerja sama untuk meningkatkan animo konsumen dan terbukti sukses. Sebagai contoh, produk biskuit Oreo dan fesyen Supreme yang beberapa waktu lalu sempat menuai kehebohan di berbagai penjuru dunia. Hasil kolaborasi tersebut membuat harga Oreo Supreme melesat naik dan tentunya menghasilkan atensi konsumen yang sangat tinggi. Terbukti, ada saatnya brand perlu membuat gebrakan baru yang lebih segar dan out of the box guna memancing antusias dan memperluas brand awareness.

Mengadakan Giveaway di Media Sosial

Tips meningkatkan brand awareness terakhir yang cukup ampuh adalah mengadakan giveaway. Ini menjadi kesempatan bagi para calon konsumen untuk mencoba produk kamu secara gratis sekaligus apresiasi kepada para loyal konsumen yang sudah lama memakai produk tersebut. Kamu bisa membuat tantangan atau permainan seru bagi peserta giveaway agar mereka berusaha untuk memenangkan hadiahnya. Lalu, buatlah persyaratan giveaway yang dapat meningkatkan peluang brand awareness, seperti follow akun sosial media brand, mention beberapa teman, upload ke story, upload ke feed, share ke teman, dan lainnya.

Meningkatkan brand awareness tentu tidaklah mudah. Namun, dengan usaha, kreativitas, dan konsistensi, brand kamu pasti perlahan dapat dikenal oleh calon konsumen yang lebih luas. Perlu kamu ingat pula bahwa bisnis bukan sekadar menawarkan produk atau jasa kepada konsumen, tapi membuat mereka ingat dan ingin menggunakan produk atau jasa tersebut tanpa henti.


Dapatkan wawasan mendalam dan pelajari lebih lanjut tentang peluang karir di dunia digital marketing, melalui pengalaman belajar yang unik bersama Digital Marketing School! Jangan lewatkan kesempatan ini untuk menjelajahi berbagai informasi yang bermanfaat. Kunjungi website kami dengan  mengklik di sini  atau hubungi kami melalui pesan langsung di  Instagram (DM)  untuk mendapatkan panduan lebih lanjut. Mari bersama-sama membangun masa depan yang sukses di ranah pemasaran digital!

Post a Comment