Modal Utama untuk Membangun Bisnis Ternyata Bukan Uang

Pria atau wanita yang tingkat percaya dirinya rendah biasanya sangat sulit untuk menggapai cita-cita, karena untuk memutuskan sesuatu atau mencari solusi dari sebuah problem dilakukan dengan keragu-raguan. Jika ingin menjadi seorang pebisnis, haruslah memiliki kepercayaan diri yang tinggi, dan tekad yang kuat.

Baca juga: Ternyata Ini Faktor Pertama Kegagalan dalam Usaha yang Dijalankan

Karena jika seseorang yang tingkat percaya dirinya rendah terbiasa dengan memaki, frustasi dan mengeluh akibat merasa tidak nyaman ketika melaksanakan bisnis, baik itu berkomunikasi dengan tim, berhadapan dengan konsumen, maupun menjalin koneksi. Beberapa sikap merugikan tersebut adalah perasaan minder berlebihan karena dirinya menganggap bahwa dia bukan orang yang berkompeten, tidak mampu, kurang becus, juga menjadi beban pikiran pribadi bila dia menjalankan sebuah bisnis.

Gampang putus asa, bimbang gak karuan, semangat down, salah satu akibat yang ditimbulkan karena kurangnya kepercayaan terhadap diri sendiri. Jangankan bisnisnya gagal atau gulung tikar, kendala kecil saja terhadap bisnis yang sedang dijalankannya dia tidak akan mampu mencari jalan keluarnya.

Baca juga: Jadi Apa Solusi untuk Bisnisnya yang Sering Kandas?

Biasanya pebisnis yang tidak percaya diri, antara kegelisahan dan beban pikiran menjadi satu padu dalam mengganggu tujuan masa depan. Dua fenomena menyedihkan ini (kegelisahan dan putus asa) adalah penghambat terbesar setiap manusia. Pebisnis yang tingkat percaya dirinya kurang merasa tidak ada masa depan untuk kelangsungan bisnisnya.

Tidak adanya inisiatif untuk merubah diri menjadi lebih baik dipastikan akan merasakan penyesalan seumur hidup. Kedepannya bisnisnya pasti akan sulit untuk berkembang, sulit mendapatkan kepercayaan dari konsumen maupun karyawan. Pada akhirnya, kemungkinan paling terburuknya adalah bisnisnya gagal dan tidak pernah mau mencoba bangkit kembali untuk merintis bisnis baru.

Baca juga: Cara Bagaimana Memaknai Setiap Kendala Saat Merintis Usaha Baru

Coba kita renungi bersama, apakah Anda termasuk ke dalam orang-orang yang kurang percaya diri? Apa yang perlu Anda ubah dari diri Anda?

Post a Comment