Pahami Pengertian SEO Dan Istilah Penting Untuk Pemula

Sebagian dari kamu mungkin sering melihat atau mendengar istilah reach, traffic, impression, engagement, dll dalam dunia digital marketing. Namun apakah kamu sebenarnya tahu betul arti dan kegunaan dari tiap istilah tersebut? Jika kamu berencana ingin mengembangkan bisnis dalam digital marketing, artikel ini cocok untuk kamu baca agar dapat pahami pengertian SEO dan istilah penting untuk pemula.

Arti SEO

Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah praktik untuk mengoptimalkan website agar mendapatkan peringkat teratas di situs pencarian. Jadi, semakin ada di peringkat teratas berarti semakin relevan dengan keyword yang dicari. Untuk dapat mendapatkan posisi teratas dalam situs pencarian, tergantung dari optimasi SEO pada website. Selain itu, jika SEO sudah optimal maka semakin bagus pula peringkat pada Search Engine Result Page (SERP). Penting sekali untuk mengoptimalkan SEO pada website, karena akan membuat bisnis mudah ditemukan, traffic website meningkat, branding, dan meningkatkan penjualan.

Istilah Penting SEO

SEO memiliki banyak istilah-istilah penting di dalamnya. Jika berencana ingin mengembangkan bisnis dalam digital marketing, berikut istilah penting SEO yang harus diketahui untuk pemula.

Impression

Ada berapa kali konten dan juga iklan akan tampil di layar, tanpa peduli iklan tersebut akan di klik atau tidak.

Reach

Jumlah jangkauan orang melihat iklan. Sebagai contoh jika ada 50 orang yang melihat konten, berarti jangkauan untuk iklan yang telah kamu buat adalah 50.

Engagement Rate

Perbandingan antara jumlah engagement dengan jumlah impression.

Engagement

Jumlah dari keterlibatan audiens pada suatu konten di sosial media. Engagement dapat dinilai dari jumlah like, komen, share, dan klik di postingan.

Call To Action

Tindakan dari pengunjung website yang dapat menguntungkan bisnis. Tindakan tersebut seperti subscribe, mengisi form, sign up, memasukan barang ke keranjang, dan melakukan pembelian.

Cost Per Miles (CPM)

Biaya yang dikeluarkan pada tiap 1.000 impresi dari iklan yang telah dibuat.

Cost Per Views (CPV)

Biaya yang dikeluarkan pada tiap berapa kali konten telah dilihat.

Cost Per Clicks (CPC)

Biaya yang dikeluarkan pada tiap klik yang telah dijalankan.

Call To Action (CTA)

Kata ajakan untuk membuat para pembaca untuk melakukan aksi yang menguntungkan. Buatlah CTA sesuai dengan tujuannya. Jika kamu ingin membuat pembaca membeli produk, kamu bisa berikan tombol ‘beli sekarang’.

Organic Traffic

Jenis traffic website yang didapatkan tanpa mengeluarkan biaya ataupun bantuan untuk mendatangkan traffic pada website.

 

Itu adalah pengertian SEO dan istilah penting bagi pemula untuk mengoptimalkan penjualan. Kamu pun bisa pelajari tips berjualan dan optimasi di digital marketing dengan mengikuti online course bersama Digital Marketing School.

Klik DI SINI untuk info seputar online course.

Follow kami di Instagram @digitalmarketingschool.id untuk info terbaru seputar digital marketing.

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Field is required!
Field is required!
Field is required!

 

Post a Comment