Pentingkah Melakukan Rebranding Pada Bisnis?

Dalam setiap bisnis apapun, pasti tidak ada yang selalu berjalan mulus. Sebesar apapun bentuk bisnisnya, pasti pernah ada di titik  terendah karena berbagai alasan. Hanya ada dua pilihan agar bisnis itu bisa tetap berjalan, siap gulung tikar atau rebranding? Pasti resiko yang paling rendah yaitu rebranding. Sayangnya, untuk pebisnis melakukan rebranding bukan hal yang mudah. Perlu memiliki  langkah tepat dan juga terarah agar proses rebranding berjalan lancar. Namun pentingkah rebranding pada bisnis itu? Artikel ini akan membahas lebih dalam tentang penjelasan rebranding, tujuan, dan strateginya untuk kamu terapkan pada bisnis.

Arti Rebranding

Rebranding sendiri yaitu suatu strategi yang dilakukan untuk memperbarui citra ataupun representasi dari sebuah brand menuju tujuan bisnis yang lebih baik. Terdapat dua bagian rebranding, yaitu total dan sebagian. Rebranding total artinya kamu merubah semua yang ada di brand bisnis seperti logo, warna, dan bentuk citra yang baru beserta strateginya. Sedangkan rebranding sebagian hanya mengubah beberapa hal yang tidak terlalu rumit seperti logo atau warna.



Tentu melakukan rebranding bukan suatu hal yang dilakukan secara tiba-tiba. Serta kebutuhan rebranding tiap bisnis berbeda yang ditentukan sesuai dengan waktu entah ketika saat bisnis menurun bahkan saat sedang meningkat pun bisnis dapat melakukan rebranding. Lalu, sebenarnya apa tujuan rebranding itu?

Tujuan Rebranding

Memperluas Target Pasar

Jika ingin memperluas target pasar bisnis, kamu bisa melakukannya dengan rebranding. Jika sebelumnya kamu memiliki bisnis dengan harga mahal, dan target pasar yang sempit. Lalu kamu mencoba mengubah nama dan menambahkan cabang baru dengan harga yang lebih terjangkau. Hal ini baik dilakukan untuk menjangkau target pasar baru yang menganggap bisnis yang kamu miliki merupakan produk baru yang unik.

Mengikuti Tren yang Ada

Tren selalu berjalan berdampingan dengan waktu. Tentu membuat para pemilik bisnis untuk selalu mengikuti tren yang ada agar tetap bertahan. Hal ini beralasan karena jika brand bisnis tidak mengikuti tren makan tentunya akan ketinggalan zaman dan ditinggalkan konsumen.

Memperbaharui Visi

Selain hal diatas, kamu pun bisa lakukan rebranding untuk menjadikan hal pembeda dari competitor. Hal yang bisa kamu lakukan disini adalah dengan perbaharui visi yang ada pada bisnis yang dijalani. Dengan memperbaharui visi pada bisnis, tentunya memberi harapan agar bisnis menjadi lebih baik lagi dan lebih dekat dengan masyarakat.



 

Jadi itulah penjelasan tentang pentingnya melakukan rebranding untuk bisnis. Sudah siap melakukan rebranding? Namun keputusan rebranding harus sejalan dengan strategi bisnis yang dimiliki. Perlu tinjauan yang lebih lagi apakah kamu memerlukannya atau tidak. 

Tingkatkan skill berbisnis dengan mengikuti online course Digital Marketing School, Klik DI SINI

Follow instagram kami di @digitalmarketingschool.id untuk info terbaru seputar digital marketing dan bisnis.

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Nama Lengkap
Field is required!
Nomor Handphone
Field is required!
Email
Field is required!

Post a Comment