Pentingnya Brand Positioning Dalam Membuat Konten

Jika kamu seorang marketer atau pemilik bisnis, mungkin kamu sering mendengar tentang brand positioning? Mungkin kamu sudah menggunakan dalam strategi berbisnis. Dalam membuat konten, selain desain yang ciamik, hal lainnya yang mampu menarik perhatian pembaca yaitu brand positioning. Mungkin pikiran kamu masih abstrak tentang brand positioning, maka artikel ini jelas bisa membantu kamu memahami pentingnya brand positioning dalam membuat konten.

 

Lalu, apakah brand positioning itu?

Seorang pakar marketing, Philip Kotler menjelaskan bawa brand positioning adalah aktivitas untuk merancang penawaran dan citra suatu perusahaan untuk menempati tempat khusus bagi konsumen. Jadi dapat dikatakan, brand positioning menjelaskan bagaimana konsumen dapat mengerti dan mengenal maksud dari pemilik bisnis saat menciptakan produk tersebut. Sebagai contoh produk Aqua memposisikan sebagai produk air mineral sangat bermutu dan menyehatkan. Namun, dibutuhkan trik untuk membangun brand positioning yang tepat agar konsumen percaya dan tertarik.

Manfaat Brand Positioning

Dengan brand positioning yang tepat, tentunya akan membuat produk kamu lebih dikenal oleh masyarakat. Suatu brand positioning dianggap efektif jika berbeda dengan produk lainnya dan dapat memberi manfaat bagi konsumen.

Pentingnya Positioning Dalam Membuat Konten

Setelah kamu pahami arti dan manfaat dari brand positioning, kamu pun perlu memahami strategi yang harus dilakukan agar nantinya brand positioning yang diciptakan dapat dipahami dan menarik minat konsumen yang melihatnya.

Ketahui Brand Identity

Kamu juga perlu tahu tentang identitas dari brand yang kamu miliki. Maksudnya adalah identitas apa yang brand kamu ingin sampaikan kepada konsumen. Dalam membuat brand identity harus melingkupi komitmen, penyampaian karakter, dan nilai produk yang dapat dilihat melalui logo, simbol, dan aspek warna.

Bangun Kepercayaan Konsumen

Bisnis kamu harus mampu membangun kepercayaan konsumen. Artinya, pesan yang disampaikan harus sesuai. Maka, konsumen akan percaya dan menjadikan produk sebagai pilihan terbaik. Kamu bisa membangun kepercayaan konsumen dengan memberikan manfaat dan juga keunggulan dari produk.

Membuat Konten yang Relevan

Tentunya untuk memahami pentingnya brand positioning, kamu pun harus membuat konten yang relevan. Sebagai contohnya, kamu bisa perhatikan konten yang ada di @detolindonesia. Kontennya sangat relevan dengan tujuan positioningnya yaitu, menjaga kesehatan, melindungi keluarga dari kuman dan bakteri, serta aman sebagai proteksi selama beraktivitas di luar.

Itulah pembahasan tentang memahami pentingnya brand positioning dalam membuat konten. Kamu dapat mudah membuat konten dengan menentukan positioning yang jelas di awalnya. Sudahkan kamu menemukan brand positioning?

 

Kamu bisa belajar lebih dalam mengenai pembuatan konten dengan mengikuti online course Social Media Management di Digital Marketing School. Klik DI SINIĀ 

Follow kami di Instagram @digitalmarketingschool.id untuk info terbaru seputar digital marketing.

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Field is required!
Field is required!
Field is required!

 

Post a Comment