Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Ukur Efektivitas Campaign

Saat ini digital marketing menjadi strategi pemasaran yang diminati oleh hampir seluruh sektor industri di dunia. Tetapi ketika sudah di jalankan, digital marketing nggak semudah yang terlihat lho. Banyak orang yang mengalami tantangan besar saat pertama kali menjalankan digital marketing. Bahkan, beberapa di antaranya merasakan aktivitas marketing mereka kurang efektif.

Hal tersebut mungkin saja terjadi karena mereka nggak tahu dan nggak ukur efektivitas campaign digital marketing dengan benar. Padahal, memiliki kemampuan dalam mengukur kesuksesan campaign juga sangat penting lho. 

Ada tiga hal penting yang harus Kamu perhatikan sebelum ukur efektivitas campaign. Simak artikel ini sampai akhir ya!

Tentukan Tujuan

Poin penting pertama yang harus Kamu perhatikan sebelum ukur efektivitas campaign adalah memperjelas tujuan yang ingin Kamu capai. Ada empat jenis target yang harus Kamu pahami sebelum mengukur efektivitas campaign digital marketing.

Pertama adalah target bisnis. Umumnya jenis target ini berfokus kepada peningkatan pendapatan, banyaknya unit yang terjual, dan profit margin yang menjadi target pencapaian nilai pertumbuhan bisnis.

Kedua adalah target marketing. Untuk dapat mencapai bisnis target, Kamu harus menentukan strategi pemasaran apa yang bisa dilakukan. Setelah Kamu mengetahui strategi yang akan dijalankan, Kamu bisa masuk ke target selanjutnya, yaitu menentukan target media yang harus mengacu pada target marketing.

Target terakhir adalah campaign metrics. Kamu harus menentukan metrics apa saja yang akan digunakan untuk mengukur campaign yang sedang berjalan. 

Petakan Customer Journey

Poin penting kedua adalah memetakan perjalanan customer. Sebelum melakukan pengukuran efektivitas campaign, penting untuk mengetahui apa yang telah dilalui customermu sampai akhirnya mereka membeli produkmu. Pastikan juga bahwa Kamu selalu ada di setiap tahap customer journey tersebut.

Untuk memastikannya, hal yang dapat Kamu lakukan adalah mengenali target audiens dari segi demografi, interest, dan behaviour. Pastikan juga mereka melihat iklan Kamu ya. Selanjutnya, tunjukkan kelebihan produk dan yakinkan customer keuntungan apa yang akan mereka dapatkan dengan menggunakan produk Kamu.

Jika mereka sudah tertarik membeli produk, berikan promo agar mereka memiliki urgensi untuk melakukan pembelian. Terakhir, nurture customer dengan email marketing atau berikan diskon khusus kepada customer yang telah melakukan pembelian sebelumnya.

Mulai Ukur Efektivitas Campaign

Poin penting yang terakhir adalah memulai ukur efektivitas campaign. Setelah mengetahui tujuan bisnis dan customer journey, Kamu sudah bisa mulai mengukur kesuksesan campaign. Pengukutan efektivitas campaign yang tepat akan mempermudah Kamu untuk membuat strategi marketing selanjutnya. 

Tiga poin di atas perlu kamu perhatikan ketika akan mengukur efektivitas campaign. Jangan sampai kamu melewatkan poinnya ya!

Kalau kamu merasa artikel ini bermanfaat dan ingin mengetahui lebih dalam soal Digital Marketing, Kamu bisa ikutin kelasnya di Digital Marketing School! Ada dua sertifikasi yang bisa kamu ikuti, yaitu Sertifikasi Digital Marketing dan Social Media. Program ini menghasilkan sertifikat resmi dari BNSP. Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, silakan kunjungi website dan follow sosial media kami ya!

 

Post a Comment