Mulai Tinggalkan Bisnis Offline, Ini 3 Prediksi Bisnis Online Tahun 2022
Jika kamu harus memilih salah satu, apakah akan memilih toko offline atau online? Di zaman serba canggih seperti sekarang, pasti lebih banyak orang yang memilih toko online daripada offline. Apalagi saat ini aktivitas kita masih terhalang pandemi; keterbatasan mobilitas memaksa kita untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam mendukung berbagai kegiatan, termasuk belanja. Maka, tak heran jika sekarang E-Commerce dan toko online semakin banyak jumlahnya dari hari ke hari. Berbicara tentang belanja online, kira-kira seperti apa prediksi bisnis online yang akan muncul di tahun 2022? Simak selengkapnya di bawah ini!
M-Commerce semakin Gencar
Prediksi bisnis online yang pertama adalah semakin gencarnya penggunaan M-Commerce di Indonesia. M-Commerce merupakan singkatan dari Mobile Commerce; artinya, sistem jual beli yang menggunakan perangkat berbasis mobile, bisa lewat aplikasi atau situs web. Berdasarkan data dari Statista (2021), sebagian besar masyarakat lebih memilih berbelanja melalui perangkat mobile daripada desktop (komputer). Maka dari itu, akhir-akhir ini cukup banyak pengusaha yang membuat aplikasi atau situs belanja online guna menjangkau konsumen lebih besar lagi.
Opsi Pembayaran Bertambah
Mungkin dulu kita lebih sering melakukan pembayaran melalui transfer ATM. Sekarang, pembayaran tak sebatas ATM saja, tapi bisa juga lewat dompet digital, minimarket, dan mobile banking. Jika kamu berniat untuk menjalankan bisnis online, pastikan bisnismu telah terintegrasi dengan mobile banking atau menyediakan E-Wallet agar memudahkan pelanggan dalam bertransaksi dimanapun dan kapanpun.
Pelanggan Mulai Meninggalkan Toko Offline
Prediksi bisnis online yang terakhir adalah berkurangnya minat pelanggan untuk datang ke toko offline. Selama berbelanja bisa di lakukan dimana saja dan kapan saja, pelanggan tentunya lebih condong ke toko online di bandingkan offline. Berdasarkan data Think with Google, 66% pelanggan memilih toko online dan 27% konsisten di toko offline. Selain praktis, alasan mereka memilih toko online adalah karena banyak promo dan harga yang di tawarkan lebih rendah.
Semua poin di atas adalah prediksi bisnis online yang trend di Indonesia selama tahun 2022. Bagi kamu yang berencana menjalankan bisnis online, pastikan ketiga hal tersebut telah kamu siapkan ya.
Ingin tahu informasi lebih lengkap seputar Digital Marketing? Cari selengkapnya di website kami dan follow sosmed Digital Marketing School!