Social Media Strategist

Profesi Social Media Strategist, Sosok Strategis Di Balik Campaign Sosial Media

Kamu suka liat campaign ads yang tiba-tiba muncul di akun Social Media kamu gak? Pernah berpikir siapa orang di balik campaign-campaign keren yang kamu lihat itu? Dialah Social Media Strategist, sosok di balik perancang campaign-campaign keren yang suka kamu lihat di Social Media. 

Seseorang yang berada di posisi ini memiliki peran yang penting dalam sebuah tim Social Media, karena dirinya lah yang mengatur produksi dan jalannya sebuah konten. Seperti apa pekerjaan dan tanggung jawab yang harus dilakukannya? Simak ulasannya di bawah ini ya.

One Man For Everything, Julukan Untuk Seorang Social Media Strategist

Satu orang untuk semuanya, bukan berarti seorang ia melakukan semua pekerjaan Social Media ya, namun ibarat kata ia lah ‘kepala’ nya. Ia yang harus bisa menguasai semua yang kerjaan anggota tim lainnya. Beberapa tugasnya adalah mencari ide konten, membuat campaign, menganalisis report dan menyusun strategi social media. Tentu saja, ia harus berkolaborasi bersama tim Social Media lainnya agar campaign yang ia ciptakan dapat memberikan impact yang baik bagi perusahaan.

Di beberapa agensi Digital Marketing atau agensi kecil lainnya, sosok ini memiliki posisi tertinggi dalam tim Social Media yang menjadikan beban tanggung jawab pun lebih banyak dari tim lainnya. 

Perbedaan Social Media Manager dengan Social Media Strategist

Serupa namun tak sama, Social Media Manager dan Social Media Strategist memiliki tanggung jawab dan job desc yang berbeda lho. Perbedaannya dari segi bidang pekerjaan. 

Seorang Social Media Manager melakukan tugas sehari-hari seperti pembuatan konten, update konten kalendar, dan mengelola sosial media. Berbeda dengan Social Media Strategist, ia lebih melakukan pekerjaan yang strategis dan bertanggung jawab pada gambaran maupun perspektif sosial media yang lebih besar lagi. 

Menjadi Seorang Social Media Strategis dengan Skill Mumpuni

Mungkin bagi kamu, pekerjaannya terlihat mudah. Namun sebenarnya, banyak hal dan skill yang harus kamu pelajari lebih dalam lagi. Meskipun kamu memiliki passion dalam pekerjaan ini, tapi itu semua tidaklah cukup. Tentu, harus memiliki soft dan hard skill untuk menunjang profesi ini.

Solusi untuk kamu yang ingin meningkatkan ataupun menambah skill agar menjadi seorang Social Media Strategist ada di kelas Sertifikasi Profesi Digital Marketing. Kamu bukan hanya belajar dari akar untuk menjadi berbagai pekerjaan di bidang Digital Marketing, tapi kamu juga akan mendapat pengakuan dan kredibilitas skill dari BNSP. 

Informasi lebih lengkap mengenai kelas Sertifikasi Profesi Digital Marketing atau kunjungi Instagram kami. 

 

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Nama Lengkap
Field is required!
Nomor Handphone
Field is required!
Email
Field is required!

Post a Comment