Jangkau Lebih Banyak Audiens di Instagram Lewat Social Media Campaign

Sudah posting produk di instagram tapi belum ada juga yang beli? Bisa saja karena cara pemasaran Kamu belum efektif sehingga belum sampai ke audiens. Kamu bisa gunakan social media campaign sebagai salah satu teknik untuk memperkuat branding produk lewat media sosial.

Instagram kini memiliki berbagai fitur untuk para pebisnis seperti Kamu yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan promosi lho, terutama untuk mendapatkan berbagai data pendukung seputar audiens, seperti lokasi, demografi, kepentingan, perilaku, dan lain sebagainya.

Dalam menjalankan social media campaign di Instagram, ada beberapa hal yang perlu Kamu lakukan. Apa saja itu? Simak sampai akhir ya!

Memasang Iklan Foto

Social media campaign yang pertama adalah iklan foto atau photo ads. Iklan foto adalah iklan yang instagram yang paling sederhana karena kontennya berupa foto saja, baik di feeds ataupun stories

Jika Kamu memilih iklan foto, Kamu hanya memerlukan foto dengan kualitas yang baik serta caption pendukung yang menarik mengenai foto tersebut. Kamu juga bisa menambahkan penerapan storytelling atau copywriting.

Membuat Iklan Video

Social media campaign yang kedua adalah iklan video. Durasi video di Instagram versi terbaru sudah lebih panjang, sehingga Kamu bisa membuat video yang berisikan pesan dari produk Kamu dengan lebih lengkap dan visual yang lebih menarik.  

Menggunakan Iklan Carousel

Social media campaign yang ketiga adalah iklan carousel. Sebenarnya iklan carousel adalah iklan foto, hanya saja dengan jumlah yang banyak dalam satu postingan. Dengan menggunakan carousel, Kamu bisa mengeksplor kreativitas lebih jauh. Misalnya pada foto pertama, Kamu memasukkan judul, ilutrasi dan caption yang menarik. Selanjutnya pada postingan kedua dan seterusnya, Kamu bisa memasukkan penjelasan yang lebih mendetail tentang foto pertama.

Memasang Iklan di Instagram Stories

Cara terakhir adalah memasang iklan di instagram stories. Dalam instagram stories, Kamu bisa memilih antara foto atau video. Menambahkan storytelling dalam iklan jenis ini sangat membantu dalam mendorong engagement dan awareness, bahkan dapat menambahkan konten feeds ke dalam stories.

Dalam iklan jenis ini, Kamu bisa menambahkan beberapa efek seperti stiker, supezoom, filter wajah, teks, GIF, bahkan musik yang sangat menunjang kontenmu agar terlihat lebih menarik dan interaktif. 

Beberapa hal di atas sangat perlu Kamu perhatikan dalam membuat social media campaign di Instagram agar marketingmu berjalan lebih efektif. Instagram sudah memberikan fitur-fitur yang dapat menunjang efektivitas marketingmu, oleh karena itu jangan sampai lupa Kamu terapkan ya!

Kalau kamu ingin tahu lebih dalam soal social media campaign, Kamu bisa ikutin kelas Social Media di Digital Marketing School lho! Ada dua sertifikasi yang bisa kamu ikuti, yaitu Sertifikasi Digital Marketing dan Social Media. Program ini menghasilkan sertifikat resmi dari BNSP. Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, silakan kunjungi website dan follow sosial media kami ya!

Post a Comment