Rancang Business Plan dengan Baik, dan Rasakan Manfaatnya

Apakah Anda berencana memulai bisnis baru? Sebagaimana proyek lainnya, ketika memulai bisnis baru, ada berbagai hal penting yang perlu dipikirkan dan direncanakan dengan matang. Tanpa perencanaan bisnis Anda bisa kesulitan dalam mengembangkan bisnis baru tersebut.

Business plan bukanlah sekedar rencana kasar yang hanya dimengerti oleh Anda dan tim, melainkan harus mencakup data riset yang konkret beserta berbagai perencanaan yang memperkuat kelayakan bisnis Anda. Jadi, apa saja manfaat dari membuat business plan?

 

1. Memberikan Strategi Kesuksesan

Kondisi bisnis sering kali sulit diperkirakan. Beberapa orang bahkan mengibaratkan bisnis cuaca, yang kondisi dan tantangannya selalu berubah. Business plan yang baik akan membantu Anda beserta tim Anda untuk memahami tantangan, baik tantangan eksternal maupun internal, yang akan menghadang bisnis Anda nantinya.

Membuat business plan yang baik juga akan membantu Anda mengidentifikasi perubahan apa yang perlu dilakukan dan apa saja yang perlu didiskusikan bersama tim agar Anda dapat memajukan bisnis.

Baca juga: Sebelum Beriklan di Sosial Media, Sudah Tahu Perbedaan Awareness, Consideration, dan Conversion?

2. Meraih Pendanaan untuk Ekspansi Bisnis

Bila Anda bercita-cita memperlebar bisnis Anda melalui ekspansi, Anda perlu membuat keputusan baru: investasi. Lantas, bagaimana Anda meyakinkan investor agar mau berinvestasi? Tentu saja, dengan menulis business plan yang baik dan melakukan presentasi dengan baik pula. Hal ini berfungsi sebagai bukti nyata bahwa bisnis Anda cukup potensial, sehingga Anda pun bisa menggaet investor.

3. Mengelola Arus Kas (Cash Flow)

Laba dan manajemen arus kas yang sehat adalah kunci kesuksesan dalam bisnis. Salah satu penyebab banyaknya bisnis yang gagal bukanlah karena kurangnya keuntungan atau klien, melainkan karena mereka mencapai breakeven.

Baca juga: Ketahui 5 Langkah Mudah Pasang Iklan di Instagram Bisnis

Berkait dengan arus kas, penulisan business plan yang baik akan membantu Anda dalam beberapa hal berikut:

  • Melacak uang yang masuk dan keluar
  • Mempersiapkan proyeksi arus kas. Ini akan memberimu peringatan akan adanya masalah
  • Meningkatkan piutang dan utang

Dengan pengelolaan cash flow yang baik, Anda pun tahu harus menunda pengeluaran dan kapan Anda dapat berinvestasi (misalnya dalam hal marketing atau membeli sejumlah tool) untuk mendukung pertumbuhan bisnismu.

Merancang Startegi Exit

Sejak awal memulai bisnis, seorang pemilik bisnis harus mempersiapkan strategi exit. Jika Anda menulis business plan dengan baik, Anda pun mampu mempersiapkan cara yang paling efisien untuk melikuidasi investasi dan menghasilkan keuntungan.

Baca juga: Bagaimana Cara Mencari Ide Startup? Pahami dulu Panduannya untuk Mendapatkan Ide Startup Potensial

Membuat business plan memang memakan waktu. Tapi, business plan ini akan membantumu menciptakan bisnis yang bertumbuh serta menghasilkan profit dan ROI yang konsisten.

Post a Comment