Seberapa Manfaatkah Memiliki Online Shop Sendiri untuk Peningkatan Bisnis Anda?

Bisnis online saat ini sedang ramai dijadikan sebagai peluang usaha. Selain pasar yang luas biayanya juga minim. Anda bisa mengalokasikan modal yang dimiliki untuk kepentingan pengembangan toko online Anda. Keberadaan market place saat ini memang membantu mereka yang baru berbisnis online terlebih market place memberi banyak kemudahan bagi para membernya, seperti dalam hal promosi dan keamanan berbelanja. Namun demikian tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk membuat website toko online atau online shop Anda sendiri.

Berikut keuntungan mempunyai website toko online sendiri:

Pelajari bagaimana cara membuat online shop / e-commerce untuk binsnis Anda.

1. Lebih Profesional dan Lebih Terpercaya

Dengan memiliki sebuah website, produk Anda semakin terlihat lebih profesional dan mudah mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Tujuan Anda dalam mengelola bisnis online yang sedang Anda kerjakan akan lebih terlihat dengan mempunyai website mandiri. Karena dengan selalu nebeng marketplace gratis, tidak akan bisa mengangkat brand produk Anda. Profesionalitas sebuah bisnis online mudah sekali terlihat dengan memaksimalkan sebuah website.

2. Keamanan Lebih Terjamin

Anda tidak akan pernah mengetahui seberapa lama sebuah marketplace bisa bertahan. Ada beberapa kasus tutupnya sebuah marketplace secara tiba – tiba. Tentunya ini bisa kita jadikan pelajaran untuk selalu mempersiapkan kemungkinan terburuk dalam sebuah bisnis. Tutupnya sebuah marketplace pasti sangat merugikan bagi para pengelola toko online yang ada di dalamnya.

Baca juga: Sudah Berapa Cara yang Dilakukan untuk Membangun Start Up Anda Berkembang?

Sudah menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk membangun etalase, namun tiba – tiba tutup. Dalam kasus seperti ini tentu memiliki sebuah website toko online sendiri jauh lebih aman karena yang menentukan adalah Anda sendiri.

3. Lebih Efektif dan Efisien Dalam Mengelola Produk

Anda bisa mengatur sendiri produk Anda tanpa ada yang ikut campur. Anda bisa memaksimalkan fasilitas – fasilitas yang ditawarkan dalam sebuah website yang Anda bangun. Pangsa pasar Anda akan jauh lebih tertarget dan terarah pada produk Anda sendiri. Prinsip efisiensi dan efektifitas bisa Anda terapkan dalam website toko online Anda.

Baca juga: Apakah Anda Menganggap Penting Menggunakan Digital Marketing untuk Peningkatan Bisnis Anda?

4. Kontrol Penuh Terhadap Situs Toko Online

Jika Anda bergabung ke dalam marketplace, tentu banyak aturan yang harus Anda penuhi. Namun jika Anda memiliki website toko online sendiri, Anda lah yang mengatur semuanya. Mau memajang barang atau produk bebas kita sendiri yang menentukannya.

Bagaimana menampilkan produk, deskripsi maupun katalog dan harga, bebas bisa dilakukan karena ini adalah toko Anda sendiri. Dan hal ini tidak bisa kita dapatkan dari marketplace. Karena marketplace tentu tidak akan memberikan kebebasan dan keleluasaan yang lebih terhadap setiap etalase yang ada di dalamnya.

Baca juga: Apakah Anda Bisa Menghadapi Tantangan Berikut dalam Transformasi di Era Digital?

5. Laporan Keuangan Otomatis

Dengan memiliki website toko online sendiri, Anda tidak perlu berpikir untuk menyewa seorang akuntan. Karena perhitungan keuntungan bisa dilakukan oleh website toko online Anda sendiri. Sewaktu – waktu jika Anda ingin memeriksa laporan keuangan, itu bisa dilakukan bahkan hanya dengan satu klik saja. Fasilitas tersebut saat ini sudah satu paket dalam sebuah website toko online. Jadi bisa sangat praktis dan memudahkan Anda dalam melakukan cek keuangan secara rutin pada toko online Anda.

6. Bisa Menentukan Nama Domain Sendiri

Dalam sebuah website, nama domain adalah suatu yang sangat penting dan harus Anda perhitungkan dengan baik. Maka dari itu kebebasan dalam menentukan sebuah nama domain bisa menjadi kunci sukses Anda dalam berbisnis online.  Karena jika Anda berjualan di marketplace, alamat etalase Anda tentu akan selalu diikuti dengan marketplace yang Anda tempati.

Baca juga: Ada 7 Keuntungan Memiliki Website untuk Perusahaan Anda yang Perlu Diketahui

Contohnya adalah www.marketplace.com/Tokoanda itu jika Anda berada dalam sebuah marketplace. Alamat tersebut tentu tidak berkesan profesional jika dibanding dengan www.Tokoanda.com. Alamat etalase Anda pada marketplace di atas hanya akan membuat etalase Anda berkesan amatiran, beda dengan alamat yang Anda miliki sendiri lewat domain pribadi.

Post a Comment