Social Media Calendar: Cara Efektif Agar Penjadwalan Konten Terplanning
Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa sosial media menjadi platform untuk para pebisnis mendistribusikan konten. Untuk dapat menarik konsumen, pemilik bisnis perlu aktif mengunggah konten-konten baru setiap harinya. Membuat konten tidak boleh sembarangan. Dibutuhkan rencana dan penjadwalan agar konten dapat terplanning dengan efektif. Salah satunya dengan manfaatkan social media calendar. Seberapa penting social media calendar ini apa saja tips nya bagi para pemilik bisnis yang fokus pada penjualan online. Simak artikel ini sampai tuntas untuk tahu penjelasannya!
Seberapa Penting Social Media Calendar?
Sepertinya sudah cukup banyak yang dijelaskan pada bagian awal. Namun tak hanya itu saja, masih ada banyak hal penting yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan social media calendar.
Penjadwalan konten
Kamu bisa membuat dan mengedit beragam konten berdasarkan jadwal yang telah dibuat dalam kalender.
Konten yang beragam
Dengan menggunakan social media calendar tentu akan dapat menghadirkan konten secara rutin dengan tema topik yang berbeda.
Pemasaran lebih terarah
Dapat membantu dan mengatur pemasaran konten kalender editorial menjaga usaha lebih terarah sesuai visi dan misi.
Analisis perkembangan
Selain itu social media calendar juga dapat mengontrol distribusi konten di berbagai bentuk media publikasi dan mempermudah dalam menganalisis perkembangan.
Mengetahui traffic, dan performance bisnis
Pastinya kamu juga dapat memantau traffic untuk mempermudah dalam menyusun laporan performance di setiap bulannya.
Tips membuat Social Media Calendar yang efektif
- Jangan rencanakan kalender editorial lebih dari 8-12 minggu dalam satu waktu. Update kalender setiap bulan agar distribusi konten terkontrol dengan baik.
- Buat perencanaan waktu. Kamu tidak akan mendapatkan ritme yang baik untuk publish content tanpa kalender editorial.
- Fokus pada ide utama, jangan satu ide saja, Ini akan membuat system konten kamu kohesif.
- Jalani rencana konten sejalan dengan aliran pendapatan. Jangan sampai proses penjualan terhambat karena mementingkan membuat konten.
- Manfaatkan jaringan kamu
- Catat ide-ide menarik
- Organisasikan ide-ide kamu
- Tentukan deadline dan tanggal publish
- Menulislah dengan baik untuk mampu bersaing dengan konten lainnya
- Tinggalkan sejenak lalu kembali lagi dengan ide fresh sebelum membuat bentuk final kalender editorial
Banyak template social media calendar yang bisa kamu dapatkan, cek postingan Instagram @digitalmarketingschool.id dan dapatkan templatenya.
Kamu juga bisa asah skill berbisnis di sosial media dengan ikuti online course bersama Digital Marketing School
Kik DISINI untuk mengetahui lebih lanjut mengenai online course.
[super_form id=”14361″]