Inilah Strategi Mantap Dari BI Dalam Mengembangkan Ekonomi Digital RI

Digital Economy In Indonesia!

Saat ini Indonesia sedang berusaha untuk memaksimalkan ekonomi Digital untuk mendorong perekonomian negara. Hal ini sesuai dengan apa yang diungkapkan oleh Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo pada 10 Oktober 2018 dalam acara ‘Joint Bank Indonesia-Federal Reserve Bank of New York Central Banking Forum’, di Conrad Hotel, Bali. Sejumlah strategi mantap akan dilakukan seperti: menjadikan ekonomi berbasis elektronik sebagai sarana untuk meningkatkan kelas serta keuntungan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). 

Menurut beliau, akan terdapat banyak benefit dari hal tersebut demi kenaikan keuntungan dari UMKM. Tentunya hal ini berlaku untuk semua negara berkembang, khususnya Indonesia. Pasalnya jika banyak pelaku usaha kecil yang terdorong ke market digital, maka peningkatan kapasitas ekonomi akan terlihat signifikan.

Sementara itu, untuk memfokuskan strategi mantap ini, maka pemerintah dan Bank Indonesia wajib mendorong startup dari para pelaku UKM lokal. Terkait inklusi keuangan, pemanfaatan ekonomi semacam ini juga harus dioptimalkan tanpa adanya shadow banking. Bank Indonesia dan Instansi terkait lainnya pun akan ikut meregulasi. Di sisi lain, Bank Indonesia akan menggunakan lebih banyak uang elektronik terkait transfer program bantuan sosial serta elektronifikasi di jalan tol. Wow, serba internet ya. Nah, apa yang akan kamu lakukan jika di zaman ini semuanya bergerak di bidang Digital?

Baca juga: Temukan Rahasia Sukses Di Era Digital

Post a Comment