Strategi Marketing Online

Strategi Marketing Online: Google atau Social Media?

Berjualan via online menjadi hal lumrah yang dilakukan di zaman sekarang. Penetrasi internet yang besar dan kemajuan teknologi yang pesat menjadi faktor utama menjamurnya orang-orang berjualan online. Tak jarang mereka cenderung mengikuti tren berjualan online di berbagai platform tanpa mengetahui kelebihan dan keunggulan masing-masing platform. Buat kamu yang masih bingung platform apa yang cocok, yuk simak penjelasan google atau social media yang terbaik untuk berjualan online!

 

Karakteristik Pencarian

Google dan social media adalah dua platform yang paling banyak digunakan orang-orang untuk berselancar di internet. Biasanya orang-orang yang menggunakan kedua platform tersebut memiliki tujuan dan karakteristik yang berbeda. Seseorang menggunakan Google karena sudah mempunyai tujuan yang spesifik mengenai suatu produk atau jasa. Terlebih lagi jika brand yang dicari sudah merupakan brand yang terkenal. Sementara itu, social media adalah tempat yang digunakan orang-orang untuk melepas penat atau mencari sesuatu yang sedang trending. Oleh karena itu, orang biasanya jarang mencari suatu produk atau jasa secara spesifik di platform social media.

 

Produk yang Cocok

Pada dasarnya platform Goole dan social media mempunyai karakteristik pencarian yang berbeda, karenanya produk atau jasa yang cocok digunakan di platform itu pun berbeda. Google lebih cocok untuk produk spesifik dan sudah terkenal seperti halnya WO Bandung, Air Mineral Aqua, atau lainnya. Sementara itu, produk yang dipromosikan di social media lebih bagus untuk sesuatu yang sifatnya tidak dicari orang secara spesifik seperti fashion atau cemilan. Orang biasanya tidak sengaja mencari produk tersebut secara khusus, tetapi ketika melihat ada impuls untuk membeli. Produk lain yang juga cocok dipromosikan lewat social media adalah produk unik yang belum diketahui orang banyak.

 

Cara Promosi

Adapun hal yang perlu kamu ketahui untuk kunci kesuksesan berjualan online adalah menentukan strategi promosi dengan benar. Menggunakan pencarian Google kamu bisa maksimalkan penggunaan Google Ads, SEO, ataupun tools-tools lain supaya website brand kamu berada di list pencarian teratas. Sementara itu, strategi promosi yang kamu gunakan di social media cenderung mengutamakan visual terutama jika kamu berjualan di IG atau Facebook. Seperti Google Ads kamu bisa memanfaatkan fitur ads pada masing-masing social media tersebut.

 

Menggunakan fitur ads pada social media tentu saja tidak cukup. Ada extra miles yang perlu kamu lakukan agar akun yang kamu kelola menghasilkan banyak konversi. Ingin tahu bagaimana strateginya? Yuk, ikuti online course Optimasi Instagram untuk Bisnis hanya di Digital Marketing School!

Kik DISINI untuk mengetahui lebih lanjut mengenai online course.

Kunjungi instagram kami di @digitalmarketingschool.id untuk mengetahui update seputar digital marketing.

 

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Field is required!
Field is required!
Field is required!

Post a Comment