Strategi Membangun Bisnis Online dalam Jangka Panjang

Sesuai janji saya kemarin di artikel ‘Ketahui Tips Membangun Bisnis Onlie Supaya Konsumen Loyal’, kini di artikel ini akan dibahas lebih detailnya dari setiap tips. Langsung simak aja di bawah ini:

1. Buat produk gratisan untuk memancing konsumen

Langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk membangun bisnis online dalam jangka panjang adalah dengan membuat produk penetrasi, idealnya berupa produk yang diberikan secara gratis kepada konsumen. Anda bisa membuat produk penetrasi berupa ebook ataupun video training yang bermanfaat, untuk memancing rasa penasaran konsumen agar tertarik dengan jasa atau produk Anda.

2. Buat produk yang benar-benar bermanfaat dan dibutuhkan konsumen

Saat ini, persaingan bisnis online sangatlah tinggi. Bahkan untuk beberapa bidang bisnis, tingkat persaingannya lebih ketat dibandingkan bisnis offline. Jadi Anda tidak boleh main-main dalam membuat suatu produk atau jasa yang ingin dipasarkan.

Baca juga: Ketahui Tips Membangun Bisnis Onlie Supaya Konsumen Loyal

Buatlah suatu produk yang bagus, pastinya lebih bagus dari kompetitor Anda. Anda perlu memikirkan, bagaimana caranya membuat produk yang bisa membuat konsumen berpikir, “membeli produk Anda adalah keputusan yang terbaik”.

Jadi idealnya sebelum meluncurkan suatu produk atau jasa, pelajari dulu kompetitor Anda. Cari kelemahan mereka dan jadikan itu sebagai fokus Anda, untuk dijadikan nilai plus pada produk atau jasa yang akan ditawarkan.

Baca juga: Sembarangan Memilih Nama dan Logo Perusahaan Akan Berakibat Fatal

3. Pertahankan Kualitas Produk

Mempertahankan kualitas produk juga sangat penting agar bisnis Anda bisa bertahan dalam jangka panjang. Biasanya, banyak pengusaha yang memberikan kualitas pelayanan terbaik hanya saat memulai usaha, dan saat pelanggan sudah ramai, mereka mulai menurunkan standart kualitas pelayanan. Hal tersebut tidak boleh terjadi. Jika ingin tetap eksis sampai kapanpun, Anda perlu mempertahankan kualitas, baik itu kualitas produk maupun pelayanan.

4. Berikan pelayanan terbaik

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, memberikan pelayanan terbaik merupakan salah satu trik agar bisnis kita bisa bersaing dengan kompetitor. Tak terkecuali untuk pelaku bisns online. Saat ada konsumen yang menanyakan produk Anda, pastikan untuk memberikan penjelasan dengan baik dan kata-kata yang bagus. Jika konsumen menawar, berikan jawaban yang tidak menyinggung. Jangan lupa, bantu konsumen saat bermasalah dengan ekspedisi.

Baca juga: 5 Cara Menghadapai Komplain dari Customer

5. Jalin komunikasi yang baik dengan konsumen

Cara berikutnya untuk membangun bisnis online jangka panjang adalah dengan menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen. Hal ini juga sangatlah penting untuk dilakukan dengan tujuan agar terbangun kedekatan yang nantinya juga akan membangun kepercayaan antara Anda dengan konsumen.

Post a Comment