Strategi Promosi Diskon Paling Menarik Perhatian Konsumen

Siapa sih yang nggak suka diskon? Dapat barang atau jasa yang sama dengan harga lebih murah (harga diskon)? Ya, walaupun harga tersebut sebelumnya sudah di markup, namun kebanyakan orang masih tertarik dengan promosi diskon yang diberikan oleh para pelaku bisnis.

Pelajari cara membuat copywriting yang dapat menarik pembeli.

Berikut ini ada beberapa strategi promosi diskon yang sering diberikan oleh pemilik toko kepada para konsumennya dan banyak dari pelanggan-pelanggan lain yang juga berminat untuk membeli produk tersebut. Beberapa strategi diskon yang paling menyedot perhatian pelanggan tersebut, antara lain:

Baca juga: Manfaat Strategi Content Marketing dalam Mengembangkan Bisnis Digital

1. “Waktu Diskon”

Dengan memberikan program diskon pada waktu yang ditentukan. Misalnya “Dapatkan diskon 50% all item di setiap pembelanjaan mulai pukul 12.00 – 18.00”. Bisa juga pada hari tertentu, seperti Friday Sale. Jadi setiap hari Jumat Anda akan memberikan diskon 50% untuk setiap pembelanjaan minimal seharga Rp 200.000,-.

Baca juga: Yakin Instagram Bisnis Anda Powerful? Pahami Dulu Cara Membaca Instagram Insight untuk Bisnis Anda

2. “Buy One Get One Free (Beli Satu Gratis Satu)”

Promosi ini paling sering dijumpai di setiap pusat perbelanjaan maupun sebagian besar toko online. Misalnya “beli satu gratis satu untuk setiap pembelian di atas Rp 150.000”.

3. “Post dan Discount”

Memberikan discount 20% bagi pelanggan yang memposting foto produk yang sudah dibeli sebelumnya ke dalam social media (Facebook, Instagram, Twitter, dll) disertai dengan kata-kata yang dapat menarik pelanggan lain untuk membeli produk tersebut. Lalu mention ke account social media tempat menjual produk tersebut. Salah satu contoh misalnya “Model cocok sesuai gambar, bahannya bagus dan nyaman saat dipakai. Pokoknya recomend banget dech!!”. Promosi ini paling banyak dijumpai di account social media Instagram.

Baca juga: Strategi Promosi Instagram yang Lagi Hits di Kalangan Para Startup

4. “Discount Sesuai Nama”

Seperti yang sering kita lihat, ada beberapa tempat makan yang sudah melakukan program promosi seperti ini. Misalnya “pengunjung yang datang bernama Agus, Eka dan Lia, mereka akan mendapatkan diskon 50% + free 1 paket makan dan minum atau”. Strategi ini dilakukan untuk menarik perhatian pelanggan.

5. “Diskon Bagi Pengguna Kartu Kredit Tertentu”

Promosi bentuk ini juga cukup menarik minat pengunjung untuk datang, karena saat ini masyarakat sudah banyak yang menggunakan kartu kredit, dan sebagian banyak yang menggunakannya untuk mengikuti promo. Seperti diskon-diskon yang diberikan di berbagai tempat perbelanjaan dengan menggunakan kartu kredit yang bekerja sama dengan tempat tersebut. Salah satu contoh misalnya: diskon 20% untuk setiap pembelian minimal Rp 150.000 dengan menggunakan kartu kredit BCA dan Mandiri.

Baca juga: Kenali Strategi Paid Promote untuk Instagram Bisnis

6. “Gratis Untuk yang Sedang Berulang Tahun”

Memberikan kue gratis ataupun diskon besar bagi pelanggan yang berulang tahun, dengan menunjukkan kartu tanda pengenal mereka (KTP).  Saat ini banyak klinik kecantikan, restoran, dan tempat-tempat lainnya yang menggunakan strategi seperti ini, dan salah satu contohnya adalah restoran yang memberikan diskon 50% bagi yang berulang tahun di bulan Agustus.

7. “Group Diskon”

Gunakan promosi berbentuk grup diskon, misalnya: “Ajak 2 orang temanmu, dan dapatkan diskon 25% setiap pembelian pizza medium”. Strategi ini cukup efektif diberikan kepada pelanggan. Sebab tak jarang, banyak di antara para pelanggan yang datang ke restoran tersebut bersama para rekan kerja ataupun bagi mereka yang ingin berkumpul bersama teman lama menikmati makanan di restoran tersebut sambil membicarakan kegiatan mereka masing-masing. Sering saya jumpai promosi seperti ini di beberapa tempat makan.

Baca juga: Di Era Digital Ini, Seberapa Pentingkah Menciptakan Campaign Digital Marketing yang Efektif untuk Bisnis Anda?

8. “Pemberian Cashback”

Pemberian cashback sebetulnya sama dengan diskon, hanya saja yang membedakan adalah, diskon diberikan berupa potongan dalam bentuk persentase atau potongan harga, sedangkan cashback dapat berupa rupiah.  Salah satu contoh misalnya “Dapatkan cash back senilai Rp 100.000 dari pembelian TV 32’inch seharga Rp 2.300.000″.

9. “Diskon Tambahan Pengguna Kartu Member”

Saat ini sebagian masyarakat juga memiliki kartu membership dari tempat perbelanjaan, online shop ataupun tempat hiburan, yang akan mendapatkan perlakuan istimewa seperti mendapat beragam hadiah, poin yang bisa ditukarkan, diskon khusus atau harga spesial. Program membership seperti ini merupakan strategi promosi dari perusahaan untuk mempertahankan pelanggannya. Seperti misalnya “diskon 20% untuk pembelian produk kebutuhan bayi dan tambahan poin bagi pengguna kartu member”.

Baca juga: Bisnis Sukses dengan 7 Strategi Digital Marketing

Sebagai pelaku bisnis tentu Anda sangat membutuhkan saran dan masukan dari para pelanggan. Itu tadi beberapa strategi diskon yang paling banyak diminati oleh para pelanggan. Namun apapun strategi promosi yang Anda pilih itu tergantung pada keputusan Anda, sebab kelancaran suatu bisnis akan tergantung pada keyakinan para pelaku bisnis itu sendiri.

Post a Comment