Tampilan Instagram Update: Reels dan IG Shopping Lebih Mudah
Beberapa dari kalian pasti sadar ada yang berubah dari tampilan antarmuka Instagram. Jadi, untuk kalian yang belum tahu, Instagram mengubah tampilannya sehingga update kali ini membawa beberapa perubahan yang cukup berpengaruh terhadap kebiasaan penggunanya dalam mengakses fitur-fitur yang ada di Instagram. Oleh karena itu, berikut ini adalah update terbaru dari tampilan Instagram.
Tab Reels dan Shop di Tampilan Utama
Ketika kamu membuka Instagram, kamu akan melihat adanya perubahan posisi dan juga penambahan ikon berbentuk tas di menu. Kalau kamu ketuk ikon tas tersebut, kamu akan diarahkan ke halaman Instagram shopping. Sekarang tab Instagram shopping sejajar dengan ikon home dan explore menggantikan ikon likes atau activity yang kini terletak di bagian kanan atas sebelah tab direct message.
Selain itu, reels juga ikut ditampilkan di home screen Instagram. Posisinya sama-sama berada di bagian bawah sebelahan dengan tab shop, menggantikan tabs create untuk mengunggah foto yang kini terletak di pojok kanan atas, sebelah tab likes atau activity. Fitur yang sudah dilaunching pada bulan Agustus lalu ini dapat kamu gunakan untuk merekam dan menyunting video dengan durasi 15-30 detik dan juga kita dapat menambahkan musik, efek, dan mengatur speed video, mirip dengan aplikasi yang kini tengah populer dikalangan milenial, TikTok.
Mengutip artikel dari blog Instagram tanggal 12 November lalu, Head of Instagram, Adam Mosseri mengatakan bahwa tab reels akan mempermudah pengguna untuk mengakses video pendek yang terdapat dalam reels dan juga akses shop memberikan kemudahan pengguna untuk meraih produk-produk dari brand yang kamu ikuti. Makanya, tampilan utama instagram yang terbaru ini bisa sangat menguntungkan bagi kamu yang punya akun bisnis Instagram.
Perubahan Tampilan Instagram di Indonesia
Tetapi, fitur reels saat ini belum ada di Indonesia, sehingga ikon tab reels masih belum terdapat pada tampilan utama Instagram. Instagram di Indonesia mengubah tampilan posisi tab activity yang kini berada di bagian pojok kanan atas sebelah ikon direct message. Belum pasti kapan fitur ini akan hadir di Indonesia, pastinya dalam waktu dekat ini kita harap fitur reels akan segera tersedia di Indonesia.
Perubahan tampilan Instagram tersebut bisa sangat menguntungkan bagi para pebisnis atau digital marketer, karena fitur Instagram Shopping untuk tempat berjualan dan fitur reels untuk media promosi kini lebih mudah kamu akses. Akan tetapi, ada beberapa pengguna tidak menyukai update kali ini. Barangkali karena sudah nyaman dengan tampilan yang dulu, atau mungkin tidak mau repot untuk membiasakan diri dengan tampilan yang baru ini.
Seperti itulah Instagram UI update terbaru saat ini. Ketahui perkembangan social media Instagram dengan mengikuti pelatihan di Digital Marketing School.
Untuk pendaftaran dan info selengkapnya bisa kamu lihat di sini.
[super_form id=”14361″]