Terapkan 5 Jurus Branding Ini Biar Brand Kamu Eksis Terus

Saat mendengar kata ‘brand’, mungkin kamu langsung mengingat nama-nama brand terkenal yang ada di Indonesia. Jika benar, maka perusahaan yang mengembangkan brand tersebut sudah berhasil menjalankan branding yang tepat karena mudah di ingat oleh konsumennya. Branding itu nggak asal promosi aja lho. Ada beberapa taktik dan jurus agar nama brand selalu melekat di ingatan mereka. Apa aja jurus branding tersebut? Baca selengkapnya di sini!

Law of Expansion

Jurus branding yang pertama adalah Law of Expansion; artinya, nggak semua orang lagi butuh dan berminat sama brand kamu. Contohnya, kamu jualan sepatu. Namun, saat itu nggak semua orang butuh sepatu. Jadi, kamu nggak bisa memaksa calon pembeli untuk beli sepatu kamu karena kebutuhan tiap orang berbeda-beda. Jika kamu terus memaksa, justru calon pembeli akan merasa risih dan nggak akan pernah mau membeli produk kamu.

Law of Contraction

Buat kamu yang punya brand dengan lebih dari satu produk, harus banget terapkan jurus branding yang satu ini. Maksud dari jurus ini adalah kamu nggak perlu fokus jualan ke semua produk. Tapi, cukup fokus jual satu produk yang berbeda dan lebih unik dari kompetitor. Setelah produk tersebut di kenal luas, calon konsumen pasti ingin tau produk lainnya yang kamu jual.

Law of Publicity

Kamu mungkin udah nggak asing sama jurus branding yang satu ini. Law of publicity merupakan strategi branding dengan membuat iklan yang anti-mainstream dan atraktif untuk menarik perhatian calon pembeli. Kamu bisa manfaatkan teknik story telling agar mereka menikmati iklan sampai akhir dan berminat membeli produk. Fokus pula pada keunggulan produk kamu dan tambahkan gimmick marketing lainnya.

Law of Advertising

Ingatlah bahwa konsumen nggak beli produk kamu, tapi mereka beli hasil dari produk kamu. Maksud dari jurus branding yang satu ini adalah mengedepankan keunggulan dan pelayanan yang kamu berikan. Pastikan bahwa produk yang kamu tawarkan memberikan dampak positif pada produk kamu. Apalagi kalau barang yang kamu tawarkan berupa jasa, buatlah strategi bagaimana caranya agar orang-orang bisa terbantu dengan jasa kamu.

Law of Word

Lewat judulnya, kamu pasti sudah bisa menebak apa maksud dari jurus branding yang satu ini! Betul banget, maksudnya adalah copywriting dari iklan yang kamu buat. Hanya bermodalkan rangkaian kata yang kuat, ‘ngena’, dan ‘nonjok’, iklan kamu pasti berhasil membawa closing. Tipsnya, tulis kata-kata yang singkat dan mudah di ingat. Jangan sampai mereka kehilangan fokus hanya karena bingung mencerna kata-kata pada iklanmu.

Nah, itulah 5 jurus branding yang wajib kamu terapkan saat mengiklankan produkmu. Dari kelima jurus branding tadi, apakah ada yang sudah kamu aplikasikan atau belum semua? Semoga ilmu ini bermanfaat ya!

Mau tau tips seputar strategi marketing lainnya? Kunjungi website dan follow Instagram kami supaya nggak ketinggalan updatenya!

Post a Comment