Terapkan Marketing Funnel untuk Efektifkan Pemasaran

Kamu pernah dengar soal marketing funnel dalam digital marketing strategy framework? Marketing funnel ini digambarkan seperti sebuah funnel atau corong yang menunjukkan jumlah audiens yang terlibat dalam setiap tahapan marketing.

Di tahap awal, audiens yang dijangkau jumlahnya banyak. Tetapi makin ke bawah, jumlahnya makin sedikit seriring berjalannya proses marketing. Maka dari itu, visualisasi marketing ini sangat tepat dengan corong.

Framework ini bisa menjadi salah satu pilihanmu untuk sukseskan marketingmu lho. Lalu apa saja sih tahapan dalam marketing funnel? Mari Kita simak sampai akhir.

Awareness/Kesadaran

Tahap yang pertama adalah awareness, di mana audiens sadar barang apa yang Ia inginkan atau butuhkan. Pada tahap ini, audiens baru saja melihat atau baru tahu tentang produk Kamu.

Awareness adalah bagian dari kategori TOFU atau Top of Funnel karena merupakan tahapan paling awal dari framework Marketing Funnel. Maka di sini lah campaign bergerak untuk menuntun audiens ke tahap selanjutnya, yaitu tahap interest atau ketertarikan.

Strategi pada tahapan ini adalah kampanye di social media, digital marketing, iklan, TV dan lain-lain.

Interest/Ketertarikan

Tahap kedua adalah interest atau ketertarikan. Pada tahap ini audiens nggak cuma tahu saja, tetapi sudah tertarik dengan produk atau jasa yang Kamu tawarkan. Meski begitu, mereka akan mempertimbangkan dan membandingkan produk kamu dengan produk lainnya.

Maka yang perlu Kamu lakukan pada tahap marketing funnel ini adalah memenangkan hati audiens dengan membuat konten yang bisa menjelaskan kelebihan dan keunikan produkmu. Buatlah konsumen merasa jika memilih produkmu adalah keputusan yang tepat. Kamu juga bisa memberikan informasi yang solutif untuk permasalahan mereka.

Consideration/Menimbang-nimbang

Tahap ketiga pada marketing funnel adalah consideration, kondisi ketika audiens sudah mendengar tentang brand atau produk Kamu dan sedang mempertimbangkan untuk membeli barang atau jasa milik Kamu. Pada tahap ini, tim marketing melakukan kampanye brand awareness, kemudian membantu audiens atau calon pembeli yang sedang membandingkan produk Kamu dengan kompetitor.

Tim marketing akan membantu calon pembeli untuk mempertimbangkan produk Kamu lebih dari produk yang lain, yang pada akhirnya dapat masuk ke tahapan konversi. Tahapan ini adalah kategori MOFU atau Middle of Funnel.

Evaluation/Evaluasi

Tahap selanjutnya adalah evaluasi, yaitu tahapan ketika audiens mulai mempersempit pilihan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Setelah menimbang-nimbang, audiens akan mulai mengevaluasi produk Kamu sesuai dengan kebutuhannya. Hal-hal yang sering menjadi pertimbangan audiens dalam mengeliminasi pilihan produk adalah harga, kualitas dan bentuk. Jumlah audiens pada tahap ini mungkin akan mengalami penurunan yang signifikan, tetapi peluang menghasilkan penjualan dari konsumen yang masih mempertimbangkan produk Kamu justru makin besar.

Intent/Niat

Intent pada tahap marketing funnel adalah niat audiens untuk membeli suatu produk, sekaligus latar belakang yang menyertainya.  Jika pada tahap consideration audiens masih mempertimbangkan, pada tahap ini audiens sudah memiliki niat buat beli produk Kamu.

Oleh karena itu, kemampuan pelayanan konsumen di tahap marketing funnel ini sangat dibutuhkan. Selain memberikan service terbaik, Kamu juga harus memahami niat konsumen dan memastikan Kamu masuk ke consideration mereka.

Purchase

Tahapan terakhir pada marketing funnel ini adalah purchase atau audiens sudah menentukan produk mana yang akan dibeli. Audiens pada tahap ini biasanya mencari penawaran terbaik seperti gratis ongkir, cashback, atau lainnya.

Ini jadi kesempatan emas bagi Kamu untuk menciptakan konsumen yang loyal. Caranya adalah dengan memberikan jaminan setelah pembelian seperti garasi, layanan konsumen dan sebagainya. Dengan begitu, mereka nggak akan ragu untuk merekomendasikan produk Kamu ke orang-orang terdekatnya atau di media sosial pribadinya.

Nah itu dia tahapan yang ada pada marketing funnel. Terlihat banyak namun sebenernya marketing bentuk funnel ini sangat membantu Kamu lho karena penjelasannya yang mendetail. Marketing funnel tinggal kamu terapin deh biar marketing Kamu jadi sukses!

Kalau Kamu tertarik belajar digital marketing, bisa banget ikutan kelasnya di program Digital Marketing! Nantinya, kamu akan di bimbing oleh mentor berpengalaman yang aktif berkarir di dunia Digital Marketing. Kamu juga bakal dapetin sertifkat resmi dari BNSP lho. Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami lewat website atau DM Instagram ya.

Post a Comment