Ternyata Ini Faktor Pertama Kegagalan dalam Usaha yang Dijalankan

Berikut cerita yang pernah dialami oleh salah seorang entrepreneur yang baru memulai bisnisnya. Salah satu bisnis yang sempat dijalankannya adalah bisnis jual beli hijab. Bisnis hijab memang sudah trend dari beberapa tahun lalu yang membuatnya tergiur untuk menjalankan bisnis tersebut.

Baca juga: Rancang Business Plan dengan Baik, dan Rasakan Manfaatnya

Dengan bekal menemukan supplier hijab, mulailah dia membeli berbagai model hijab untuk dijual kembali. Karena dia adalah salah satu karyawan di perusahaan negara yang ternama di negeri ini, maka waktu untuk menjalankan bisnis barunya itu tidak ada. Oleh karena itu, untuk menjalankan bisnisnya beliau mencari partner yang siap menjual produknya.

Sistem yang diterapkan dia adalah sistem bagi hasil, jadi setiap produk terjual maka partnernya tersebut akan mendapat bagian keuntungan sesuai dengan perjanjian awal. Setelah berjalan beberapa waktu, hanya mampu melakukan re-order barang dagangan dua kali dan setelah itu tidak ada perkembangan dan akhirnya gulung tikar.

Baca juga: Ketahui Apa Saja Manfaat Team Building dalam Perusahaan

Kira-kira apa yang menjadi masalah dari cerita tadi?

Semangat entrepreneur yang dimiliki beliau sudah bisa diacungi jempol, namun partner yang diajaknya menjalin kerjasama masih menjadi tanda tanya. Selain itu, tanggung jawab akan berjalannya bisnis tersebut tidan mungkin dimiliki oleh partnernya. Karena alasan yang pertama, tidak ikut berkontribusi dalam hal permodalan, dan yang kedua penghasilan yang dimilikinya hanya jika terjadi penjualan produk.

Baca juga: Langkah-langkah yang Perlu Diperhatikan dalam Membentuk Sebuah Tim Digital Marketing

Kemudian yang memperparah adalah ternyata partner bisnisnya tersebut tidak memiliki pengalaman dalam menjalankan bisnis. Jadi apa yang bisa diharapkan dengan partner yang seperti itu?

Pembelajaran apa yang bisa kita ambil dari pengalaman pebisnis hijab di atas? Bagaimana solusinya untuk kendala yang seperti cerita di atas? Akan saya post di next artikel yaa..

Post a Comment