Content Strategy agar Postingan Banyak Engagement

Tahukah kamu bahwa dalam membuat sebuah konten di perlukan sebuah strategi? Dalam dunia digital marketing, hal ini disebut dengan content strategy. Pada umumnya strategi ini di gunakan sebagai upaya pemasaran menggunakan sebuah konten.

Membuat sebuah content strategy ternyata ngga terlalu sulit lho! Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini!

Menentukan Tujuan

Langkah pertama dalam pembuatan sebuah content strategy adalah menentukan tujuan yang ingin kamu capai. Dalam menentukan tujuan, kamu harus pertimbangkan visi dan misi, brand, sasaran marketing hingga kebutuhan bisnismu.

Tujuan ini bisa saja berubah sewaktu-waktu, terkhusus jika bisnismu berkembang. Ini merupakan hal wajar, yang terpenting adalah fokus pada beberapa tujuan saja dalam satu waktu agar kamu dapat memastikan tujuan-tujuan tersebut tercapai dengan baik.

Mengenal Pembaca/Target

Mengetahui informasi mengenai pembaca kamu adalah sebuah hal yang penting. Tanpa ini, strategi tidak akan efektif. Kamu harus mengetahui siapa saja dan orang seperti apa saja yang akan menjadi fokus perusahaan. Kamu juga harus mengetahui apa yang mereka sukai, lalu bagaimana dan di mana biasanya mereka mencari informasi. Content strategy ini untuk menentukan konten apa yang tepat dan di mana kamu akan menguploadnya.

Meriset Kompetitor dan Mengetahui Kelebihanmu

Sebagai pembuat konten yang baik, kamu harus mempertimbangkan kompetitormu juga. Kompetitor sedang melakukan apa atau apa yang sedang kompetitor kembangkan. Kamu harus memantau aktivitas kompetitor dan juga mengikuti tren agar kamu dapat mengetahui peluangmu.

Selain memantau kompetitor, kamu juga harus mengetahui kelebihanmu sehingga kamu bisa mengetahui hal-hal apa saja yang bisa membuatmu unggul dari kompetitor. Hal ini perlu kamu pertimbangkan dalam content strategy agar kamu dapat membawa bisnismu ke arah tujuan.

Membuat Metrik Pengukuran Hasil

Keberhasilan sebuah strategi pastinya harus bisa terukur. Kamu harus mengetahui metrik-metrik apa saja yang tepat untuk mengukur keberhasilan tujuan yang sudah kamu tetapkan. Sebagai contoh, jika tujuannya adalah menumbuhkan brand awareness, maka metrik yang perlu kamu tinjau adalah pertumbuhan traffic, views, dan shares.

Sudah tahukan bagaimana cara membuat sebuah content strategy? Yuk buat strategi untuk kontenmu agar berjalan dengan efektif!

Kalau masih bingung dan mau belajar lebih dalam tentang content strategy, ikuti sertifikasi Social Media dari Digital Marketing School! Silakan hubungi admin via website atau Instagram yaa.

Post a Comment