Tips Optimasi Profil Linkedin Agar Dilirik HRD

Profil LinkedIn kamu berantakan? Kalau iya, profil LinkedIn kamu perlu dioptimasi. Kamu perlu merapikan tampilan LinkedIn-mu agar terlihat profesional dan auto dilirik rekruter!

Lalu, bagaimana tips optimasi profil LinkedIn? Simak selengkapnya di artikel ini ya.

Pengenalan Diri Secara Singkat Tapi Tepat

Tips yang pertama adalah tulis pengenalan diri secara singkat tapi jelas dan tepat. Tujuannya agar siapa pun yang mengunjungi profil LinkedIn kamu bisa mengerti siapa kamu dan apa bidang keahlianmu. Kamu bisa menggunakan dua section pada profilmu, yaitu About dan Featured untuk menciptakan pengenalan diri yang jelas dan tepat.

Pada bagian About, kamu jelaskan secara singkat siapa diri kamu. Tuliskan nama dan bidang keahlian kamu, beberapa sertifikasi atau penghargaan yang pernah kamu dapatkan, berapa lama pengalaman bekerja kamu, dan apa filosofi kerjamu. Sedangkan pada bagian Featured, kamu unggah CV dan beberapa portofolio kerjamu.

Jelaskan Pengalaman Secara Detail

Tips yang kedua adalah jelaskan secara detail tentang pengalaman yang kamu punya di profil LinkedIn. Hal ini sangat penting, mencakup pengalaman kerja, pendidikan, dan lainnya. Tulis dan urutkan pengalaman kamu berdasarkan mana yang terbaru hingga terlama di bagian Experience.

Kamu bisa menuliskan 1 paragraf deskripsi yang berisikan 2 hingga 3 kalimat pendek rangkuman pengalamanmu. Selanjutnya kamu bisa mencantumkan setidaknya 5 job tasks beserta output yang kamu hasilkan. 

Cantumkan Skill yang Relevan

Tips yang ketiga adalah mencantumkan skill yang relevan dengan posisi yang akan kamu lamar. Pada profil LinkedIn, ada satu section di mana kamu bisa memasukkan berbagai skill yang kamu punya.

Skill yang bisa kamu masukkan bisa berupa hard skill dan soft skill. Tapi bukan berarti kamu bisa mencantumkan semua keahlian yang kamu punya ya! Cukup cantumkan skill yang relevan dengan bidang kamu saat ini dan relevan dengan kebutuhan perusahaan.

Nah itu dia tiga tips buat kamu yang ingin mengoptimasi profil LinkedInnya menjadi lebih rapi dan terlihat profesional. Yuk dicoba agar profil LinkedIn kamu dilirik HRD dan lebih cepat dapat kerja!

Kalau kamu mau ilmu keren lainnya seputar Digital Marketing, kamu bisa ikuti kelas Digital Marketing di Digital Marketing School lho! Kamu bakal dibimbing oleh mentor yang sudah berpengalaman dibidang Digital Marketing dan kamu bebas bertanya apa pun!

Jadi kamu tunggu apalagi? Langsung daftarkan diri kamu di sertifikasi Digital Marketing lewat website atau sosial media kami ya.

Post a Comment