Trik Gunakan Google Trends Untuk Riset Pasar Bisnismu

Riset pasar menjadi hal yang wajib untuk dilakukan saat kamu akan memulai sebuah bisnis. Tanpa meriset, kamu nggak bakal tau target seperti apa yang akan bidik dan bisnis kamu juga jadi gak sukses. Perkembangan digital yang semakin luas membuat riset pasar bisa dilakukan dengan semakin mudah dan dengan metode yang sederhana.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan Google Trends. Google Trends berfungsi untuk membantu kamu mencari tahu apa yang sedang populer saat ini dan apa saja topik yang lagi tren di kalangan masyarakat saat ini. Nah, data inilah yang bisa membantu kamu menentukan target pasar seperti apa yang cocok untuk bisnismu.

Ada trik mudah nih buat kamu yang baru terjun di dunia bisnis untuk menggunakan Google Trends untuk riset pasar. Mau tau? Baca dong artikelnya sampai habis.

Mencari Kata Kunci Bisnis Untuk Riset Pasar

Saat kamu sudah membuka Google Trends, trik pertama untuk riset pasar yang kamu lakukan adalah mengetik kata kunci bisnis kamu untuk selanjutnya Google Trends akan menganalisis nya kemudian memberikan hasil pencariannya untuk kamu.

Misalkan, kalau kamu ingin membangun bisnis sepatu sneakers, kamu bisa cari keyword nya seperti ‘sepatu sneakers’, ‘sneakers wanita’, ‘sneakers pria’, ‘jual sepatu sneakers’ dan lainnya. Kemudian Google Trends akan mengeluarkan analisis riset nya seperti grafik daerah-daerah dimana saja yang sering mencari kata kunci sepatu sneakers di Internet.

Menganalisis Grafik Hasil Google Trends

Setelah kamu mengetikkan kata kunci apa yang akan dicari, selanjutnya Google Trends akan mengeluarkan hasil berupa grafik. Grafik ini merupakan hasil pencarian di Internet terkait kata kunci yang kita masukkan. Dari sini kita bisa melakukan riset pasar, apakah bisnis yang kamu bangun memiliki impact bagus atau kurang banyak peminatnya.

Lakukan Perbandingan dengan Kata Kunci Lainnya

Selanjutnya, kamu bisa nih melakukan perbandingan dengan keyword atau kata kunci lain menggunakan fitur compare. Ini berfungsi untuk melihat bagaimana performa kata kunci yang kamu cari dengan kata kunci lainnya.

Misalkan kamu ingin membandingkan keyword ‘sepatu sneakers’ dengan ‘sneakers wanita’ , ternyata kata kunci ‘sepatu sneakers’ memiliki grafik lebih tinggi daripada ‘sneakers wanita’. Sehingga pada akhirnya kamu bisa mendapatkan satu keyword yang pas untuk bisnismu.

Itulah dia trik-trik mudah yang bisa kamu lakukan untuk riset pasar bisnismu menggunakan Google Trends. Gampang, kan? Gak perlu pake aplikasi, cukup cari Google Trends di Google.

Ikuti Instagram kami dan kunjungi website kami untuk dapatkan info terbaru mengenai Digital Marketing dan Bisnis.

Post a Comment