fbpx

Trik Memilih Hashtag di Instagram

Hashtag atau yang dikenal dengan istilah tagar merupakan sebuah simbol ‘#’ yang digunakan untuk mengkategorikan sebuah topik tertentu untuk memudahkan pengguna dalam mencari suatu topik. Sebuah hashtag bisa menjadi tren jika hashtag tersebut banyak dicari orang. Platform media sosial pertama yang mempopulerkan penggunaan hashtag adalah Twitter. Namun kini hashtag dapat digunakan di berbagai platform seperti Instagram, Facebook, dan media sosial lainnya. Memilih hashtag yang tepat sangat penting untuk para digital marketer selain konten yang informatif dan desain yang menarik. Mengapa? Karena penggunaan hashtag yang tepat sangat berpengaruh terhadap konversi di akun Instagram bisnis Anda karena hashtag merupakan alat komunikasi universal dan berpengaruh terhadap peningkatkan engagement serta followers. Lalu bagaimana trik memilih hashtag yang tepat di Instagram? Simak ulasan berikut ini!

Trik memilih hashtag yang tepat untuk akun Instagram bisnis

Jadi, bagaimana sih trik memilih hashtag yang tepat itu? pastikan Anda mengikuti step berikut:

  1. Hashtag harus relate terhadap produk yang dijual di akun IG bisnis anda.
  2. Analisis hastag yang tepat menggunakan tools seperti virol.
  3. Pilih 5 hashtag informatif, 5 hashtag transaksi, dan 1 hashtag tagline.
  4. Tambahkan masing-masing 5 hashtag sinonim dari poin 3.
  5. Cek IG kompetitor, gunakan teknik ATM (amati, tiru, modifikasi).

Hubungan hashtag dan produk

Hashtag yang relate dengan produk akan meningkatkan 13% nilai engagement akun Instagram anda. Maka dari itu, perlu riset atau analisis hashtag yang tepat untuk anda gunakan di akun Instagram jualan anda misalnya melalui tools yang bernama virol.

Hashtag Vertikal dan Horizontal

Maksudnya, hashtag yang informatif dan transaksi memiliki sinonim seperti, contoh:

Hashtag Informatif

Vertikal: #bajupolos #bajupolosbandung #bajupolospendek #bajupolospendekbandung #bajupolospria #bajupolospriabandung #bajupolospendekpriabandung

Horizontal: #kaospolos #kaospolosbandung #kaospolospendek #kaospolospendekbandung #kaospolospria #kaospolospriabandung #kaospolospendekpriabandung

Hashtag Transaksi

Vertikal: #jualbajupolos #jualbajupolosbandung #jualbajupolospendek #jualbajupolospendekbandung #jualbajupolospria #jualbajupolospriabandung #jualbajupolospendekpriabandung

Horizontal: #jualkaospolos #jualkaospolosbandung #jualkaospolospendek #jualkaospolospendekbandung #jualkaospolospria #jualkaospolospriabandung #jualkaospolospendekpriabandung

Amati, Tiru dan Modifikasi Hashtag

Dalam memilih hashtag di Instagram, Anda perlu mengetahui apa yang membuat kompetitor anda memiliki traffic di akun medsos jualannya, amati hashtag-nya ambil yang bagus, tiru dan modifikasi sesuai dengan produk, demografi dan lainnya yang anda miliki.

 

Sebetulnya hashtag merupakan bagian dari copywriting yang masih banyak sekali yang perlu Anda pahami. Semua akan dibahas secara mendalam di Live Online Learning Copywriting for Social Media oleh seorang Senior copywriter dari Digital Marketing School. Klik link disini untuk lihat benefit apa yang akan Anda dapatkan jika Anda mengikuti pembelajaran ini!

[super_form id=”14361″]

Post a Comment