Trik Menulis Artikel Soft Selling yang SEO Friendly

Dunia menulis memang tidak akan pernah ada habisnya. Selalu ada perkembangan yang semakin popular seiring zaman. Sudah ada ratusan bahkan ribuan artikel atau website yang tersebar pada beberapa website. Teknik menulis ini sepertinya, dimanfaatkan oleh para pemilik bisnis untuk menuangkan cara beriklannya melalui sebuah tulisan atau dinamakan sebagai artikel copywriting. Mungkin kamu bertanya, bagaimana cara menulis artikel copywriting? Simak artikel ini sampai tuntas untuk tahu panduan lengkap cara menulis artikel copywriting yang benar.

Apa Itu Artikel Copywriting?

Artikel copywriting merupakan salah satu jenis artikel yang sering digunakan untuk penulisan pesan iklan yang bertujuan mempromosikan produk. Tidak hanya berfokus berjualan, namun copywriting lebih bersifat persuasif (mengajak atau mempengaruhi seseorang melakukan aksi). Selain itu gaya penulisan artikel copywriting berbeda dari artikel pada umumnya. Median dan jenis artikel copywriting membutuhkan gaya penulisan yang berbeda untuk disesuaikan dengan kebutuhan namun tetap dengan tujuan yang sama yaitu sarana promosi.

Copywriting dan artikel copywriting memiliki struktur formula yang sama, AIDA.

Attention untuk menarik perhatian, Interest untuk menarik minat, Desire untuk mempengaruhi pembaca, dan Action mampu mengajak pembaca agar melakukan aksi. Formula tersebut dapat membantu untuk memberi arahan dan bagi penulisan dan menuliskan naskah di iklan.

Untuk kamu yang ingin memulai membuat artikel copywriting, sebaiknya perhatikan tips-tips berikut.

Tahu kelebihan produk

Untuk menulis artikel copywriting, pertama kamu harus tau tentang produk dan juga kelebihannya. Gunakan hal itu untuk ‘menghipnotis’ pembaca agar tertarik dan membuatnya untuk segera membeli.

Gunakan jargon

Kamu bisa jadikan kelebihan yang dimiliki sebagai jargon. Hal ini penting karena jargon yang memiliki manfaat dan menarik dapat memperkuat brand awareness.

Pemilihan kata yang menarik

Menulis copywriting tidak sebebas seperti kamu menulis pesan di ponsel. Pastikan untuk selalu menggunakan kata, kalimat, dan juga paragraph yang lebih umum dan mudah dipahami. Pilih juga kata-kata sederhana untuk memberi kesan ‘dekat’ dengan pembaca.

Optimalkan SEO

Agar artikel copywriting yang kamu buat dapat dikenal oleh orang banyak. Tentunya kamu perlu optimalkan SEO di dalamnya seperti riset keyword, menggunakan keyword, dan topic yang sedang marak untuk meningkatkan trafik di mesin pencarian.

 

Itulah panduan lengkap cara menulis artikel copywriting yang benar. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu tingkatkan skill. Digital Marketing School siap membantu kamu untuk tingkatkan skill copywriting. Daftarkan dirimu segera di Online Course Copywriting for Social Media dengan klik DI SINI.

Follow Instagram kami di @digitalmarketingschool.id untuk mengetahui info seputar digital marketing dan bisnis.

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Nama Lengkap
Field is required!
Nomor Handphone
Field is required!
Email
Field is required!

Post a Comment