User Generated Content

User Generated Content: Teknik Terbaru Membuat Konten

Pernahkah kamu perhatikan, terkadang beberapa brand mempromosikan produk mereka dengan menggunakan konten dari konsumen? Jika kamu pernah perhatikan, yap itulah yang dinamakan dengan UGC! Di sini kamu akan mengenal apa itu UGC dan bagaimana caranya kamu bisa mendapatkan konten dari para konsumenmu! UGC ialah kepanjangan dari user generated content.

Konsep UGC ini pengguna atau konsumen memberikan review, komentar, dan pengamalan mereka menggunakan produk dalam bentuk teks, gambar, ataupun video. Menurut berbagai pakar marketing, konsep UGC merupakan salah satu strategi marketing yang menjanjikan. Hal tersebut karena kamu bisa mendapatkan konten dari konsumenmu yang bahkan gratis. Di samping itu para calon konsumen cenderung mempercayai pengalaman dari konsumen yang telah menggunakan produk lebih dulu. Menggiurkan bukan? Di bawah ini merupakan cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan user generated content !

Repost!

Mengunggah ulang (repost) merupakan cara yang paling mudah bagi kamu untuk mendapatkan UGC, terlebih jika kamu bergerilya mempromosikan produkmu di jagat media sosial seperti Instagram ataupun Facebook. Konsumen yang cinta produkmu biasanya tak akan segan untuk membagikan pengalaman mereka di media sosial, kamu bisa memanfaatkan hal itu tersebut untuk dijadikan konten di akunmu, tapi jangan lupa untuk menandai (tag) pemilik resmi dari konten tersebut dan mintalah izin kepadanya.

Mengadakan Kontes

Cara ini banyak dilakukan oleh pemilik brand besar maupun kecil di media sosial masing-masing. Kamu bisa mendapatkan konten UGC dari para pengikutmu berupa foto atau video. Caranya kamu bisa mengadakan suatu kontes yang mengharuskan mereka menandai (tag) akun bisnismu sebagai persyaratan untuk mengikuti kontes. Sama seperti repost, ketika kamu ingin menggunakan konten yang mereka buat jangan lupa untuk meminta izin kepada yang punya ya!

Review

Konten review masih dianggap menjadi cara yang ampuh untuk meyakinkan produk yang kamu tawarkan. Pasalnya review konsumen yang pernah menggunakan produkmu amat mempengaruhi calon konsumen selanjutnya, apalagi konten review yang mengandung “racun”. Untuk hal ini pastikan kamu memberikan performa terbaik dalam melayani konsumen agar review yang bermunculan always positive sehingga kamu mendapatkan banyak stok UGC.

Sampai di sini kamu udah ngeh kan keuntungan dan cara mendapatkan UGC? Nah, itu hanya sebagian kecil dari strategi marketing yang kamu dapatkan, untuk strategi yang lebih banyak kamu bisa bergabung dengan online course Social Media Management for Business hanya di Digital Marketing School.

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Field is required!
Field is required!
Field is required!

Post a Comment