5 Visual Strategy Agar Iklanmu Banyak Dilirik
Visual adalah hal yang paling penting dalam membuat iklan. Karena biasanya orang lebih suka melihat visual yang menarik terlebih dahulu dari pada isi dari kontennya. Begitu pula dengan iklan. Semakin menarik visual suatu iklan semain banyak pula orang yang tertarik untuk melihat isi konten iklan tersebut.
Pada artikel ini kamu akan mengetahui beberapa strategi yang bisa membantu kamu untuk membuat iklan dengan visual yang menarik. Baca sampai selesai agar kamu tahu strateginya!
Visual Images
Jika membicarakan visual yang menarik, tentunya gambar atau foto tidak akan bisa dilewatkan. Agar konten iklanmu menarik kamu harus menggunakan gambar atau foto yang berkualitas. Jika kamu menggunkan gambar atau foto yang asal-asalan, maka tidak akan ada orang yang tertarik untuk melihat konten iklanmu.
Bukan hanya gambar atau foto yang berkualitas, tetapi harus sesuai dengan isi dari konten iklan yang kamu buat. Misalkan kamu ingin membuat iklan produk susu, maka kamu harus menggunakan gambar/foto yang sesuai seperti gambar sapi, segelas susu, atau orang yang sedang meminum susu. Tapi yang terpenting adalah kamu harus menunjukan gambar/produk yang sedang kamu iklankan, agar audiens bisa tahu produk apa yang kamu jual.
Statistic
Selain gambar, kamu juga bisa memasukan statistik atau infografis kedalam iklanmu. Tetapi tentunya dengan visual yang sesuai dengan iklanmu. Gunakan bentuk statistik yang mudah dibaca seperti diagram pie atau diagram bar. Kamu juga bisa memasukan angka agar audiens bisa melihat seberapa besar kelebihan dari produkmu.
Isi dari statistik bisa beragam. Bisa dari jumlah orang yang puas dengan produkmu atau jumlah kandungan bahan dalam produk. Memasukan statistik dapat membantu meningkatkan kepercayaan audiens terhadap iklan. Apalagi jika ditambah dengan angka, tingkat kepercayaan pelanggan akan meningkat.
Video
Jika gambar/foto dapat menarik perhatian secara singkat, video bisa menarik perhatian audiens dan juga memberikan informasi lebih. Sama seperti gambar/foto, kamu juga harus membuat video dengan kualitas yang bagus dan juga sesuai dengan produk yang kamu iklankan.
Video bisa berbentuk 2D dengan animasi ataupun 3D dengan manusia sebagai modelnnya. Tapi pastikan video iklanmu harus singkat, padat, dan jelas. Kamu harus bisa menyampaikan poin-poin penting dari produkmu ke dalam iklan yang berdurasi singkat.
Text
Teks tidak kalah penting dari elemen visual lainnya. Teks digunakan sebagai headline untuk menarik perhatian audiens. Oleh karena itu, kamu harus bisa membuat kata-kata yang dapat menarik perhatian audiens agar mereka mau membaca atau melihat iklannya samapai selesai. Maka dari itu, kamu juga harus menggunakan ukuran, font, **dan warna teks yang jelas dan enak dibaca.
Selain digunakan untuk menarik perhatian, teks juga bisa digunakan untuk memberikan informasi yang lebih detail mengenai produk yang diiklankan. Karenannya, kamu harus memberikan informasi tentang produkmu secara singkat dan juga jelas. Jika kamu memasukan terlalu banyak teks, maka audiens akan merasa bosan dan malas membaca sampai akhir.
Color
Warna menjadi elemen utama dalam desain iklan. Jika iklan yang kamu buat memiliki warna yang tidak serasi satu sama lain, ini akan membuat audiens merasa tidak nyaman saat melihatnya. Kamu bisa menggunakan palet warna agar iklan yang kamu buat memiliki warna yang senada dan enak dipandang. Atau jika brand-mu mempunyai warna resmi, kamu bisa menggunakannya dalam iklanmu untuk membuat branding.
Kamu juga harus bisa bermain dengan warna seperti menambahkan elemen highlight pada suatu kata penting agar audiens bisa langsung membacanya. Tetapi kamu juga tidak boleh menggunakan warna yang berlebihan agar desain iklannya tidak terlalu ramai.
Itulah beberapa strategi yang bisa membantu kamu untuk membuat iklan dengan visual yang menarik. Untuk kamu yang masih bingung dalam urusan social media marketing dan digital marketing, Digital Marketing School solusinya! Disini kamu bisa mengikuti kelas-kelas yang dapat meningkatkan pengetahuanmu mengenai social media dan digital marketing. Daftar sekarang juga, ya!
¯