Yakin Cara Memasarkan Produk Anda di Instagram Sudah Berhasil?

Instagram kini telah menjadi platform bisnis yang sangat digemari. Lebih dari delapan puluh persen penggunanya mengikuti akun bisnis di platform sosial milik Facebook tersebut. Artinya, terdapat lebih dari 560 juta pengguna di Instagram yang bisa dijadikan konsumen potensial untuk sebuah bisnis. Ada beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk memaksimalkan potensi bisnis Instagram:

Pelajari teknik mengiklankan produk di Instagram supaya bisnis Anda sukses.

1. Fokus Menciptakan Konten Berkualitas

Hal pertama yang terpenting dan harus kamu lakukan adalah fokus menciptakan konten berkualitas tinggi. Orang tidak akan tertarik mengikuti akunmu bila isinya tidak menarik. Kamu bisa mendapatkan referensi konten dari akun-akun lain. Biasakan untuk mengambil screenshot setiap konten yang menarik perhatianmu untuk dijadikan referensi. Ada beberapa jenis konten yang bisa menarik perhatian pengguna. Tapi bila kita berbicara soal produk, maka dua jenis konten yang efektif adalah foto produk dan behind-the-scene.

2. Berinteraksi Dengan Audiens

Dalam platform media sosial apa pun, interaksi dengan audiens adalah sangat penting. Luangkan waktumu untuk membaca komentar-komentar yang ada dan membalas bila perlu. Manfaatkan caption untuk mengajak para pengguna meninggalkan komentar. Terkadang pengguna memanfaatkan kolom komentar untuk bertanya atau melayangkan komplain. Jadi kolom komentar memiliki fungsi serupa dengan customer service. Bila kamu bisa membalas komentar dengan cepat, pengguna akan merasa bahwa kamu benar-benar menghargai mereka. Ucapan simpel seperti “terima kasih” pun bisa berdampak besar.

Baca juga: Seberapa Pentingkah Akun Instagram untuk Pemasaran Bisnis Anda di Bidang Digital?

3. Jaga Brand Tetap Konsisten

Brand lebih dari sekadar kualitas konten. Brand berhubungan dengan semua aspek yang kamu gunakan, mulai dari gaya gambar, gaya penulisan caption, seberapa sering kamu menerbitkan konten, dan masih banyak lagi. Bila kamu berhasil menyajikan konten dengan cara unik dan konsisten, kesadaran masyarakat akan brand milikmu akan tumbuh jauh lebih cepat. Brand yang unik dan konsisten juga akan memunculkan kesan tertentu di masyarakat, sehingga bisa menarik orang-orang yang merasa satu selera dengan brand milikmu. Ini akan menarik lebih banyak audiens secara natural.

4. Manfaatkan Influencer

Influencer marketing adalah tren yang sangat populer, dan Instagram membuatnya sangat mudah dilakukan. Secara sederhana, influencer marketing artinya kamu membayar pemilik akun Instagram lain untuk mempromosikan brand milikmu. Bila dilakukan dengan baik, ini bisa menghasilkan ROI tinggi yang sulit diraih metode pemasaran lain.

Baca juga: Instagram Bisnis Anda Sepi Follower. Gimana Mau Laku Jualan? Intip Caranya Biar Follower Terus Bertambah

5. Adakan Kompetisi

Kompetisi adalah salah satu cara beriklan yang sangat baik di Instagram. Kompetisi dapat meningkatkan minat dan interaksi pengguna, juga memberimu kesempatan memberikan imbalan pada para follower. Ada banyak jenis kontes yang bisa kamu lakukan, tapi yang paling umum adalah giveaway produk. Kamu bisa mengunggah gambar, lalu meminta para pengguna untuk memberi caption menarik di gambar itu, atau mengajak pengguna mengunggah foto mereka saat sedang menggunakan produkmu. Karya terbaik kemudian akan mendapat hadiah.

Post a Comment