artikel seo friendly

Yuk Belajar Ciptakan Artikel SEO Friendly. Ini Dia Caranya!

Artikel SEO Friendly, sepertinya sulit ya untuk menciptakan artikel yang ramah kata kunci SEO. Ah kata siapa? Justru gampang banget kok, kalo kamu mau belajar dan praktekkan langsung. Untuk membuat artikel yang kamu tulis ramah kata kunci dan bisa masuk ke jajaran teratas pencarian Google, kamu gak bisa asal menulis artikel lho.

Kualitas konten artikelmu bukan hanya sekedar untuk manusia yang membaca nya saja, namun juga harus bisa di anggap baik oleh robot atau mesin. Makanya kenapa, artikel yang kamu buat harus sesuai juga sama apa yang diinginkan mesin pencari.

Terus gimana dong cara bikin artikel SEO friendly? Tenang, baca artikel ini sampai habis dan kamu akan temukan jawabannya!

Memiliki Keyword yang Tepat

Tentu saja, hal pertama yang membuat artikel SEO Friendly adalah memiliki keyword yang tepat. Keyword merupakan kunci utama dalam SEO (Search Engine Optimization). Nah untuk menemukan keyword yang tepat, kamu perlu melakukan riset nih.

Ada banyak tools yang bisa kamu gunakan untuk meriset keyword dengan volume pencarian tertinggi, misalnya menggunakan Keyword Planner, Keywordtool.io dan Ubersuggest. Setelah membuat daftar keyword dengan volume pencarian teratas, selanjutnya letakan keyword dalam posisi yang strategsi seperti di judul, sub heading, kalimat awal artikel dan kalimat akhir di paragraf sebelum masuk ke heading.

Meta Description Harus Mengandung Kata Kunci

Pernah liat kan deskripsi singkat yang muncul di daftar pencarian google? Nah, itulah yang disebut dengan meta description. Agar artikel kamu SEO Friendy, kamu harus membuat meta description yang mengandung kata kunci yang digunakan pada artikel tersebut.

Sama seperti Twitter, meta description juga punya limit karakter nya ya, cara melihat apakah meta description kamu terlalu panjang atau sudah pas adalah dari ukuran yang ada di bagian bawah meta description. Jika meta description kamu terlalu pendek atau panjang, garis pengukur akan menunjukkan warna orange atau bahkan merah. Namun jika pas, garis pengukur akan menunjukkan warna hijau.

Ada Internal dan Outbound Link

Dalam sebuah artikel SEO Friendly, internal dan external link menjadi faktor lainnya yang mendukung artikel kamu ramah SEO. Internal Link berfungsi untuk menghubungkan artikel yang berasal dari satu domain website yang sama, sedangkan kebalikannya untuk outbond link, menghubungkan artikel dengan artikel atau link di luar domain website.

Ini berfungsi agar satu artikel bisa mendukung artikel satu sama lain, baik dari satu rumah yang sama maupun beda rumah. Beginilah robot mesin pencari bekerja, baik ya?

Itulah dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan artikel SEO Friendly. Mudah banget kan? Untuk perbaharui informasi seputar Digital Marketing, kamu bisa kunjungi website kami disini atau kunjungi juga Instagram kami ya! See you in another article!

Post a Comment