10 Strategi Digital Marketing yang Perlu Diketahui Para Marketer

Digital marketing adalah salah satu metode marketing yang saat ini sedang berkembang pesat. Saat ini sebagian besar customer mulai beralih ke berbagai media digital lainnya untuk menemukan informasi mengenai produk atau jasa yang mereka butuhkan. Para customer menginginkan brand yang dapat mereka percaya, memiliki kualitas yang mereka cari dan juga benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan kondisi mereka. Disinilah digital marketing berperan penting untuk menjangkau para customer tersebut.

Dalam menjalankan digital marketing, para marketer tentunya perlu menyiapkan strategi dan rencana tertentu agar dapat mencapai hasil yang mereka inginkan. Tanpa strategi yang tepat, maka semua usaha akan tenggelam di antara ribuan usaha serupa dan tidak akan berhasil mencapai tujuan awal yang diinginkan.

Berikut strategi digital marketing yang perlu diketahui oleh para marketer:

Baca juga:  Bisnis Sukses dengan 7 Strategi Digital Marketing

Tentukan Target dan Tujuan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendefinisikan target dan tujuan apa yang ingin Anda capai melalui digital marketing. Hal ini sangat penting karena dengan menentukan tujuan Anda pertama kali, Anda akan tahu apa saja yang perlu Anda lakukan nantinya.

Identifikasi Customer Anda

Setelah Anda selesai menentukan target dan tujuan, kini saatnya Anda untuk mengidentifikasi seperti apa customer Anda. Hal ini sangat penting di digital marketing karena dengan mengidentifikasi calon customer Anda akan dapat mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan secara efektif.

Identifikasi Kompetitor Anda

Sangat penting untuk mengetahui seperti apa kompetitor dan apa kelebihan yag dimiliki oleh kompetitor. Dengan mengidentifikasinya Anda akan lebih mudah untuk menyusun apa yang seharusnnya dilakukan.

Baca juga: Digital Entrepreneur

Search Engine Marketing

Mesin pencari adalah kunci utama kesuksesan marketing di Internet. Anda bisa membuat website atau blog untuk mempromosikan atau mereview produk Anda, atau hanya sekedar mengulas tips dan trik yang berkaitan dengan produk atau jasa Anda. Gunakan teknik SEO (Search Engine Optimization) dengan baik sesuai dengan rekomendasi dari mesin pencari Google.

Content Marketing

Buatlah konten yang benar-benar relevan dengan produk atau jasa Anda. Karena Anda hanya akan membuang-buang waktu dan tenaga.

Sosial Media Marketing

Sosial media adalah cara terbaik untuk menjangkau customer secara langsung. Anda bisa membuat akun resmi untuk masing-masing sosial media dan membuat post yang menarik agar dapat menarik minat calon customer untuk sekedar meliha-lihat.

Email Marketing

Anda bisa mencoba email marketing, dengan syarat email marketing yang Anda kirimkan tidak berkesan Spam. Usahakan untuk tidak menyertakan produk atau layanan Anda pada awal email dikirim, karena hal itu hanya akan membuat strategi email marketing Anda dicap sebagai Spam. Anda perlu berhati-hati dalam hal ini.

Baca juga: 4 Kelebihan Digital Marketing dalam Berbisnis di Era Modern

Mobile Marketing

Saat Anda melakukan strategi mobile marketing, penting bagi Anda untuk memilih platform yang tepat berdasarkan banyaknya platform yang digunakan di pasaran.

Affiliate Marketing

Buatlah sebuah program afiliasi yang benar-benar dapat mempromosikan produk atau jasa Anda.

Hasil Pengukuran

Setelah Anda melakukan semua hal di atas, Anda perlu untuk melakukan pengukuran dan segera melihat hasilnya. Anda akan tahu, apakah strategi digital marketing Anda berhasil atau tidak. Bila memang ada beberapa yang kurang membuahkan hasil, Anda perlu mencari solusi dan menerapkan di sesi selanjutnya.

Post a Comment