Digital Marketing School Bandung

3 Aspek Menentukan Niche Market Bisnis Online

3 Aspek Menentukan Niche Market Bisnis Online

Untuk menumbuhkan bisnis Anda yang bergerak di dunia digital khususnya di media sosial, banyak hal yang dapat Anda lakukan salah satunya memilih niche market yang tepat. Niche market yang tepat dapat menentukan keberhasilan Anda sebagai pebisnis. Mengapa demikian? Karena niche market tidak hanya menentukan banyak atau sedikitnya pendapatan Anda dalam berbisnis tetapi juga memudahkan kamu dalam memasarkan produk. Dengan mengetahui niche market yang tepat Anda bisa menentukan strategi pemasaran dan juga strategi konten yang akan Anda buat di media sosial bisnis Anda. Lalu, bagaimana menentukan niche market yang tepat untuk bisnis online Anda? Jika Anda masih kesulitan dalam menentukan niche market yang tepat, ada baiknya Anda simak penjelasan kami mengenai 3 Aspek Cara Menentukan Niche Market.

Aspek Geografis

Aspek pertama penentu niche market yaitu aspek demografis. Di aspek ini hal yang harus Anda lakukan yaitu menentukan niche market Anda berdasarkan kota/tempat bisnis Anda berjalan. Bisa juga dibilang ‘akan diarahkan kemana bisnis yang Anda jalankan’.

Aspek Demografis

Pada aspek ini, Anda wajib menentukan pengelompokan mulai dari usia, jenis kelamin, tingkat pendapatan, dan pekerjaan dari audiens yang akan Anda kejar. Hal ini dapat mempermudah Anda dalam melakukan iklan di facebook ads kelak.

(Baca juga: 5 Tipe Konten Facebook Ads)

Aspek Psikografis

Jika Anda telah menentukan niche market berdasarkan aspek geografis, demografis, baru Anda menentukan niche berdasarkan aspek psikografis. Dalam aspek psikografis juga ada beberapa aspek yang harus diliat nih yaitu AIO (Activity, Interest dan Belief/Opini). Anda dapat meneliti dari mulai kesukaan, hobi, kebiasaan, dan opini masyarakat terhadap produk kamu sehingga kamu tidak akan salah sasaran dalam menentukan niche market.

Ketika Anda dapat menentukan 3 aspek menentukan niche market, maka kemungkinan besar Anda dapat memasarkan produk yang tepat sasaran. Ada 2 istilah yang mungkin masih asing kita dengar yaitu niche market dan mass market.

Perbedaan Niche Market dan Mass Market

Jika niche market merupakan target market yang spesifik dan khusus, maka mass market adalah sebaliknya, kecenderungan dengan target pasar yang cukup luas dan berakibat customer menjadi tidak loyal. Selain itu kompetitornya pun banyak, tidak se-spesifik niche market.

Nah itu dia 3 aspek cara menentukan niche market. Ketika Anda sudah menentukan niche market yang spesifik, maka Anda dengan mudah menentukan strategi pemasaran untuk produk Anda yang tepat.

Post a Comment