3 Cara Praktis Pasang Iklan Gratis di Internet

Sadarkah Anda sebagai pebisnis tidak hanya bersaing secara offline, tetapi sudah mulai bersaing ketat secara online. Metode pasang iklan gratis di internet adalah salah satu alternatif dan metode bisnis yang akan diprediksi berkembang di Indonesia guna mempromosikan barang dan jasa. Bicara mengenai iklan gratis di internet, kita sepakat bahwa melakukan promosi melalui internet di era digital marketing itu salah satu cara dan solusi pemasaran terbaik.

Cara pasang iklan gratis di internet ini dapat diterapkan oleh siapa saja, baik bagi pemula atau pun bagi para pakar yang ingin meningkatkan nilai konversi penjualan melalui internet. Metode pasang iklan gratis di internet sebagian besar meliputi media sosial (medsos), blog dan pasar online (marketplace).

Blog

Blog dapat diisi dengan konten, mulai dari konten artikel, gambar sampai ke video streaming. Anda bisa menuliskan sesuatu tentang apapun terkait produk yang akan Anda pasarkan. Tulis secara detail di blog dan jelaskan semua kemungkinan yang akan orang lain tanyakan tentang barang atau jasa Anda. Memasang iklan gratis di internet melalui media online seperti blog, jauh lebih efektif daripada Anda harus menjawab berulang kali apa yang konsumen akan tanyakan terkait barang atau jasa yang Anda jual.

Baca juga: Facebook and Instagram Ads Mastery

Pasar Online

Pasar online adalah bentuk lain dari toko online yang disediakan oleh pihak e-commerce dengan konsep marketplace di mana penjual dan pembeli dipertemukan dalam satu wadah atau web yang diakses melalui pasar online popular di Indonesia seperti OLX, Bukalapak, dan Tokopedia.

Media Sosial

Sangat memungkinkan untuk memasang iklan gratis di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Menggunakan fasilitas iklan gratis di media sosial tersebut maka produk atau jasa Anda akan memiliki nilai konversi yang rendah bilamana Anda mengabaikan cara yang baik dan benar untuk melakukan promosi di media soasial. Hal ini masih sangat sedikit disadari oleh para penjual.

Metode pasang iklan gratis di internet melalui jalur media sosial ini tergolong yang paling sederhana, namun membutuhkan kesabaran ekstra. Anda dilarang keras sembarangan melakukan promosi di komunitas atau grup dalam bentuk link website atau teks dan gambar. Walaupun ada konversi penjualan, pola yang keliru tersebut akan menghasilkan nilai konversi penjualan barang atau jasa Anda menjadi kurang maksimal.

Sebelum melakukan promosi atau memasang iklan gratis di sosial media, Anda wajib membaca peraturannya terlebih dahulu untuk menghindari kerugian dan kesalahan fatal dalam mengembangkan bisnis Anda melalui media sosial. Setelah Anda mengerti aturan main membuat iklan gratis di sosial media dan komitmen dengan aturan tersebut, pemasaran iklan gratis sekalipun akan mendapatkan konsumen yang menjanjikan.

Baca juga: 7 Peluang Usaha yang Paling Banyak Diminati Mahasiswa