5 Fakta Sosial Media Marketing
Memasuki era digital istilah sosial media marketing pasti sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, di mana media sosial dipilih menjadi medium untuk memaksimalkan pemasaran. Namun, sebelum memilihnya menjadi salah satu strategi dalam pemasaran bisnis atau brand Anda, berikut 5 fakta social media marketing yang perlu Anda ketahui:
Bukan hal yang instan
Merupakan sebuah kesalahpahaman bahwa sedikit konten yang Anda sebarkan di media sosial bisa secara ajaib memberikan efek pada pemasaran produk atau bisnis Anda. Hal tersebut adalah sesuatu yang tidak mungkin terjadi. Faktanya, dalam membangun bisnis dengan sosial media marketing membutuhkan waktu, strategi, dan tentunya biaya. Banyak brand atau perusahaan yang mengetahui bahwa aktif di media sosial adalah salah satu kunci sukses dalam pemasaran. Namun banyak juga yang belum mengetahui pentingnya menyusun strategi. Sosial media marketing bukan hanya sekedar membuat konten lalu mempublikasikannya, perlu komitmen, konsistensi dan adaptasi terhadap perubahan.
Pelajari bagaimana cara beriklan yang efektif dan efisien menggunakan Facebook Ads.
Tidak sepenuhnya “gratis”
Sosial media marketing lebih efektif untuk menjangkau target yang spesifik. Namun perlu diingat, media sosial tidaklah sepenuhnya gratis. Ketika berpikir tentang biaya dari media sosial, Anda bisa mulai menghitung berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk membuat, mempublikasikan, mempromosikan, dan memantau sebuah konten. Semua hal tersebut tentu tidak dapat dikonversikan menjadi sesuatu yang bisa dinilai dengan materi.
Mempunyai masa depan yang baik
Dengan perkembangan teknologi yang semakin masif, membuat media sosial menjadi pilihan terbaik untuk memasarkan sebuah produk atau brand. Perubahan budaya offline ke online menjadi salah satu penyebabnya. Jika dahulu masyarakat lebih suka membaca berita melalui media cetak seperti koran atau majalah, saat ini telah beralih ke media-media online yang lebih praktis yang bisa dibaca kapan dan di mana saja.
Baca juga: Menghasilkan Calon Konsumen dengan Strategi Konten Marketing
Strategi lebih penting dari taktik
Mengoptimalkan social media marketing tanpa strategi adalah sebuah hal yang penuh dengan kesia-siaan. Banyaknya pilihan kanal media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, Linkedin, dan masih banyak lagi, membuat Anda harus mengetahui bahwa strategi adalah keseluruhan rencana sedangkan taktik adalah aksi untuk meraih sesuatu berdasarkan rencana. Taktik tanpa strategi dapat dipastikan akan selalu gagal. Mulailah dengan tujuan Anda, rumuskan strategi, dan coba cari tahu taktik apa yang bisa digunakan untuk mencapai tujuan.
Hubungan dengan konsumen
Membangun hubungan dengan konsumen merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam sosial media marketing. Mulailah untuk mengevaluasi hubungan yang selama ini sudah terjalin di media sosial. Selain menjalin hubungan, mendengarkan konsumen menjadi hal yang tak kalah penting. Dengan mendengarkan suara konsumen, Anda dapat membuat produk yang dibutuhkan konsumen sehingga menghindari trial and error.
Baca juga: Manfaat Menggunakan Email Automation untuk Promosi