7 Peluang Usaha yang Paling Banyak Diminati Mahasiswa

Universitas merupakan tempat bagi mahasiswa untuk menimba ilmu. Namun selain sebagai tempat menimba ilmu, universitas juga menjadi tempat belajar membuka peluang usaha sampingan bagi beberapa mahasiswa yang kreatif. Bahkan dapat digunakan untuk merintis yang lebih serius, sebagai awal dari bisnis kampus yang nantinya akan ditekuni setelah lulus kuliah.

Ada banyak peluang usaha yang bisa dipilih dan dicoba mahasiswa, baik bisnis yang membutuhkan modal besar, maupun yang tidak memerlukan modal. Berikut ini ada 6 peluang usaha yang paling banyak diminati mahasiswa:

Baca juga: 5 Kesalahan Fatal yang Tidak Disadari pada Bisnis Online

1. Usaha Kursus Private

Peluang usaha ini merupakan usaha sampingan yang tidak memerlukan modal sama sekali. Peluang usaha yang sekaligus dapat terus mengasah keterampilan dan keahlian khusus mahasiswa. Misalnya saja usaha kursus private Bahasa Inggris, sangat cocok bagi mahasiswa jurusan Bahasa Inggris. Kursus mata pelajaran umum seperti Bahasa Inggris, Matematika, dan MIPA banyak dicari oleh orang tua murid. Ini merupakan peluang usaha yang patut untuk dicoba mahasiswa.

2. Usaha Jasa Foto dan Video

Usaha jasa foto dan video pun merupakan peluang usaha mahasiswa yang berhubungan dengan hobi. Biasanya peluang usaha ini banyak ditekuni oleh mahasiswa jurusan fotografi, sehingga mereka dapat berbisnis sekaligus mengaplikasikan materi yang sudah didapat di universitas. Usaha ini sangat berpotensi besar jika dilakukan dengan baik. Sehingga nantinya dapat menjadi rintisan bisnis yang serius setelah lulus kuliah.

3. Usaha Jasa Penulis

Usaha jasa penulis merupakan usaha online mahasiswa yang hobinya menulis, terutama menulis artikel dan berita. Selain menjadi penulis freelance, mahasiswa juga dapat mencoba menjadi kontributor sebuah situs online. Bahkan dapat membuka jasa penulis online, kemudian dapat mempromosikannya di media sosial. Jika cara penulisan artikel dan beritanya enak dibaca, orang dan mesin pencari google akan menempatkan judul artikel tersebut di paling atas mesin pencarian.

4. Usaha Jasa Desain Grafis

Usaha ini merupakan peluang usaha yang hanya memerlukan modal kecil. Tapi peluan bisnis ini merupakan keterampilan mengoperasikan software dan applikasi lainnya. Contohnya saja photoshop dan illustration untuk membuat desain grafis. Peluang usaha jasa desain grafis ini memiliki prospek yang cerah, karena banyak orang dan perusahaan yang membutuhkannya. Seperti jasa desain kaos, jasa desain website, jasa edit foto, jasa desain logo perusahaan atau komunitas, dan masih banyak lagi.

 

NEXT

Post a Comment