Fitur WhatsApp Marketing

Cara Efektif Memanfaatkan Fitur Whatsapp Bisnis

83% dari 171 juta jiwa di Indonesia yang menggunakan media sosial merupakan pengguna aplikasi WhatsApp. Tak heran jika sekarang pebisnis online juga aktif menggunakan WhatsApp sebagai ladang marketing mereka. Keberadaan WhatsApp Business ini secara langsung maupun tidak memberikan banyak dampak yang positif bagi Anda selaku pemeran dalam bisnis online. Selain mempermudah komunikasi dengan pelanggan, Anda juga bisa memanfaatkan WhatsApp Business ini sebagai ladang marketing dan promosi. Ada juga beberapa fitur di WhatsApp Business yang tidak dimiliki oleh WhatsApp Messenger. Untuk mengoptimalkan pemasaran produk Anda di media online, ada baiknya Anda simak Cara efektif Memanfaatkan Fitur Whatsapp Bisnis.

Fitur Business Profile WhatsApp

Fitur ini sangat berguna untuk kamu yang bergerak di bidang jual beli online karena dapat mendeskripsikan bisnismu secara singkat.

Bagian pada fitur ini terdiri dari:

  1. Foto profile: Logo bisnis dapat Anda jadikan foto profil agar customer lebih mengingat bisnis Anda.
  2. Alamat lengkap: Jika Anda memiliki store offline, Anda bisa tambahkan Alamat yang lengkap agar customer yang ingin belanja langsung tidak kebingungan.
  3. Kategori & Deskripsi Bisnis: Pengisian pada 2 fitur ini dapat menambah kredibilitas bisnis Anda.
  4. Hari dan jam operasional : Penambahan hari dan jam operasional ini berfungsi untuk memudahkan calon customer yang akan memesan/mendatangi offline store Anda.
  5. Alamat website: Ini bagian yang penting untuk Anda isi karena customer yang sibuk selalu ingin memesan melalui WhatsApp/Website.

WhatsApp Auto Message

Fitur selanjutnya yaitu menggunakan WhatsApp Business untuk bisnis dan toko online adalah memanfaatkan Automated Messages.

Ini adalah fitur dari WhatsApp Business yang membuat kita bisa membalas pesan WhatsApp untuk pertama kalinya secara otomatis. Jadi setelah pelanggan klik link WhatsApp kita, maka secara otomatis WhatsApp Business akan mengirimkan pesan balasan yang sudah kita persiapkan sebelumnya. Jadi walaupun kita sedang jauh smartphone, pelanggan akan tetap mendapatkan balasan dengan cepat.

Quick Replies WhatsApp

Fitur ini dipasang oleh aplikasi WhatsApp untuk mempermudah para pebisnis terutama pebisnis online mengakomodir customernya. Pengguna dapat menggunakan balas cepat untuk pesan teks atau media, seperti GIF, gambar dan video. Di fitur ini, Anda dapat menambahkan beberapa shortcut misalnya nomor rekening, format pemesanan, spesifikasi produk, dan lainnya. 

Berikut beberapa langkah untuk l balas cepat pada WhatsApp.

  1. Ketuk tombol menu – setelan – setelah bisnis – balas cepat
  2. Ketuk tambah(+)
  3. Setel pesan teks yang akan Anda jadikan shortcut
  4. Setel pintasan keyboard untuk balas cepat
  5. Setel kata kunci agar dapat menemukannya dengan cepat
  6. Ketuk simpan

Cara penggunaan fitur quick replies Anda cukup membuka chat yang akan Anda balas, lalu ketik “/” dan diikuti dengan kata kunci yang telah Anda buat.

Keberadaan fitur auto message juga mempermudah Anda dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Tak hanya produk yang harus baik tetapi pelayanan terhadap mereka yang membeli produk Anda juga harus maksimal.

Seperti yang Anda ketahui, WhatsApp bukan sekedar platform chatting saja, tetapi sekarang ini banyak pebisnis online yang menggunakan WhatsApp Business sebagai ladang marketingnya. Kini dari WhatsApp Anda juga bisa menghasilkan banyak closing dalam sehari. Belajar workshop WhatsApp Marketing caranya, hanya di Digital Marketing School.

Di workshop WhatsApp Marketing ini Anda diperkenalkan dengan fitur-fitur dan trik terbaru dari WhatsApp Business selain yang diatas, diajarkan juga konten untuk WhatsApp Marketing itu sendiri sampai sedetail mungkin. Jangan sampai keduluan oleh kompetitor!

Post a Comment