Facebook Ads dan Instagram Ads, Mana Yang Lebih Efektif?

Jika berbicara tentang bisnis memang tidak akan pernah lepas dari iklan, banyak cara untuk dapat mengiklankan produk yang dijual baik itu offline maupun online. Saat ini karena minat dan jumlah pengakses internet semakin banyak, mengiklankan produk secara online jauh lebih efektif dibandingkan offline. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengiklankan produk secara online contohnya ialah Facebook Ads dan Instagram Ads. Namun manakah yang lebih efektif diantara kedua jenis iklan online tersebut? Mari kupas dan perdalam lebih dalam!

Saat ini Facebook sendiri memiliki pengguna aktif sekitar 2 milyar per bulannya dan Insagram sendiri memiliki pengguna aktif sebanyak lebih dari 800 juta per bulan. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa Facebook menjadi platform yang paling diminati untuk pengguna sosial media. Namun jangan salah mengartikan juga, walau pengguna Instagram memiliki jumlah yang lebih rendah justru saat ini Instagram sedang gencar untuk berkembang. Ditambah saat ini Instagram banyak sekali merilis filter maupun fitur terbaru yang menarik bagi para penggunanya. 

Setelah kamu tahu jumlah pengguna aktif dari kedua iklan online tersebut, selanjutnya kamu perlu tau rincian masing-masing dari indikator milik Facebook dan Instagram ads. 

Facebook Ads

Seperti yang diketahui bahwa Facebook menjadi platform sosial media terbesar saat ini. Tak terkecuali karena memang Facebook ini salah satu platform sosial media yang sudah lama ada di dunia. Dari kenyataan tersebutlah membuat Facebook menjadi platform media nomor satu dalam pencapaian maupun reach. Jika kamu ingin melakukan brand awareness tanpa harus memasang target, Facebook adalah platform yang tepat. 

Dapat diartikan, bahwa Facebook adalah terobosan terbesar dalam pencapaian tanpa memasang target tertentu. Sudah pasti hal ini menguntungkan sekali. Di samping itu, Facebook juga kini memiliki fitur yang dapat digunakan untuk masalah targeting. Tentunya tujuan ini untuk bisa menentukan target yang lebih spesifik seperti lokasi, umur, jenis kelamin, bahasa, target yang detail, dan koneksi. 

Instagram Ads

Dari yang telah dijelaskan bahwa Instagram memiliki pengguna aktif sebanyak 800 juta. Namun dengan jumlah tersebut Instagram telah menjadi sasaran pebisnis. Di sisi lain pula, Instagram memiliki jumlah reach organik yang paling tinggi diantara sosial media lainnya. Hal ini karena Instagram memiliki konsistensi dalam mengupdate fitur-fitur. Terlebih Instagram juga kini memiliki fitur lebih yang menguntungkan bagi para pebisnis. 

Jadi, antara Facebook dan Instagram Ads sama-sama memiliki kelebihannya masing-masing. Jauh lebih baik jika kamu menggunakan kedua platform tersebut untuk mengiklankan produk kamu agar jauh lebih efektif. 

Semoga artikel ini dapat memberikan kamu solusi dan manfaat dalam menentukan kamu untuk beriklan di Facebook atau Instagram

Ikutan online course Optimasi Instagram untuk Bisnis, Klik DISINI

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Field is required!
Field is required!
Field is required!

Post a Comment