FOMO

FOMO: Trik Menggerakan Konsumen Segera Membeli Produk

Setiap manusia pasti memiliki rasa untuk takut ketinggalan dan tak ingin ditinggal. Pasti kamu mencoba untuk ingin menjadi bagian dari sesuatu yang sedang terjadi. Rasa takut ini dapat disebut sebagai Fear Of Missing Out (FOMO). Dalam usaha bisnis, FOMO ini bisa dikatakan cara yang efektif untuk meningkatkan omset penjualan. Dasar dari marketing cara ini adalah untuk memanfaatkan ketakutan manusia.Pastikan kamu baca artikel ini sampai selesai. Artikel ini akan bahas apa itu FOMO sebagai strategi membuat konsumen ingin segera membeli produk.

Apa Itu FOMO?

Fear Of Missing Out adalah istilah untuk menggambarkan seseorang merasa takut dan gelisah saat ketinggalan suatu tren atau sesuatu yang sedang marak. Untuk lebih mudah dipahami, contohnya adalah jika kamu melihat teman kamu di sosial media memakai barang yang sedang tren. Setelah melihatnya kamu mulai merasa iri, gelisah dan takut ketinggalan tren jika tak punya barang tersebut, seperti itulah FOMO.

Dalam digital marketing, strategi ini juga dapat dimanfaatkan untuk membuat konsumen merasa takut tidak memiliki produk yang kamu jual. Sebab jika mereka tidak cepat membeli, mereka akan ketinggalan sesuatu.

Strategi FOMO Untuk Membuat Konsumen Segera Membeli Produk

Sekilas strategi ini terlihat mudah. Namun, ada cara untuk menerapkan strategi ini agar tidak salah dan juga benar. Berikut adalah 5 strategi FOMO untuk membuat konsumen segera membeli produk.

Ciptakan Urgensi

Strategi ini cukup efektif untuk membangkitkan fomo kepada konsumen.Yang perlu kamu lakukan adalah ciptakan urgensi bahwa barang yang kamu jual adalah barang yang sedang dicari banyak orang dan buat mereka jangan sampai ketinggalan untuk membeli produk kamu.

Batasi Jumlah Stok

Untuk membuat mereka ingin membeli produk, kamu bisa tampilkan jumlah stok barang yang kamu jual. Strategi ini bisa membuat calon konsumen tahu berapa sisa barang yang ada sebelum kehabisan. Tunjukkan jumlah stok yang sangat terbatas untuk membuat para konsumen segera membeli.

Tawarkan Promo Gratis Ongkir

Menawarkan promo gratis di strategi marketing kamu, dapat membangkitkan rasa Fomo konsumen. Kamu bisa tawarkan konsumen kamu dengan memberikan promo dan gratis ongkir. Beri batasan waktu dan juga jumlah konsumen yang bisa mendapatkan promo ini. Sebagai contoh, ‘Gratis ongkir sampai dengan 10 September 2020 untuk 10 pembeli pertama’.

Rasa takut tertinggal tak selalu berdampak negatif, sebagai pemilik bisnis kamu bisa manfaatkan ini sebagai cara berjualan di Instagram. Cukup mudah bukan?

Dapatkan Instagram marketing ebook https://www.instagram.com/digitalmarketingschool.id/

Optimalkan skill berbisnis di Instagram klik DISINI

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Field is required!
Field is required!
Field is required!

 

 

 

 

 

Post a Comment