Hubungan Antara Digital Marketing dan Sosial Media Marketing

Digital Marketing dan Sosial Media Marketing – Para pebisnis online pasti sudah familiar dengan pemanfaatan media digital dan juga internet untuk keperluan bisnisnya. Digital marketing saat ini banyak memanfaatkan internet sebagai media utama promosi. Berbicara tentang digital, media yang digunakan yaitu media digital seperti komputer, laptop, tablet dan smartphone.

Komponen utama digital marketing adalah internet marketing dan saluran-saluran non internet. Dalam hal tersebut, digital marketing memang sangat dibutuhkan oleh seorang pebisnis. Hal ini membuktikan, bahwa banyak orang yang sudah menggunakannya sebagai media promosi.

Baca juga: 5 Fakta Sosial Media Marketing

Yang termasuk dalam internet marketing ini adalah web, search engine marketing (termasuk SEO dan iklan pay-per-click), smartphone, mobile marketer (Google Play atau Apple Store), email marketing, iklan banner online serta sosial media.

Sedangkan untuk saluran-saluran non internet antara lain televise, radio, SMS, billboard digital. Meskipun penggunaannya mungkin lebih sedikit daripada yang menggunakan internet, namun saluran-saluran ini juga masih dimanfaatkan.

Baca juga: Menghasilkan Calon Konsumen dengan Strategi Konten Marketing

Digital marketing memang selalu berhubungan dengan sosial media marketing. Dimana, sosial media tersebut berfokus pada salah satu pemanfaatan sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, Path, Line, dan WA untuk bisnis online. Digital marketing strategi kini banyak diperhatikan oleh banyak orang yang akan memulai sebuah bisnis. Strategi yang digunakan yaitu dengan menggunakan sosial media.

Penggunaan sosial media menitikberatkan pada interaksi pengguna, pertukaran informasi, dan membentuk komunitas serupa. Segala hal dengan aspek ‘sosial’ di dalamnya.

Baca juga: Prinsip dalam Facebook Ada

Dengan popularitas digital marketing, banyak orang kini melibatkan digital marketing dalam keseharian mereka. Banyaknya orang yang memanfaatkan digital marketing dan sosial media marketing ini kemudian membuat dua cara pemasaran tersebut penting untuk dipahami bagi para pebisnis. Terutama yang memilih bisnis online.

Dapat disimpulkan, bahwa sosial media marketing telah digunakan sebagai strategi dari digital marketing. Karena sosial media termasuk dalam kegiatan pemasaran yang dilakukan secara online. Selain itu, digital marketing dilakukan secara offline.

Baca juga: Customer Persona dalam Bisnis Online

Sosial media marketing dan digital marketing memang saling berhubungan. Oleh karena itu, saat Anda akan memulai sebuah bisnis, pastikan Anda memahami sosial digital marketing dan sosial media marketing terlebih dulu. Di mana, dari sosial media marketing tersebut, maka digital marketing dapat berjalan secara bersamaan.

Post a Comment