Ini Dia Strategi Email Marketing yang Pasti Dibaca oleh Audiens
Email menjadi salah satu sarana yang paling populer untuk berkomunikasi antara satu orang dengan orang lainnya, di samping platform social media. Bahkan menurut Forbes, jenis email ini menjadi media digital marketing yang paling efisien dan efektif digunakan di Amerika Serikat. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, penggunaannya semakin hari semakin banyak peminat, termasuk penggunaan untuk blast email marketing. Nah, bukan tidak mungkin Indonesia juga akan semakin meminati media ini sebagai sarana mereka menjangkau calon pembeli atau audiens lebih luas lagi. Lalu, strategi agar email marketing kita dibuka oleh audiens itu seperti apa sih? Yuk simak ulasannya di bawah.
Lakukan Proses Building List
Ini merupakan langkah yang paling awal saat kamu hendak melakukan blast email marketing. Kamu pasti memiliki target pasar yang akan di sasar untuk produk dan jasa mu, bukan begitu? Nah, untuk itu mengapa perlu adanya proses building list untuk menentukan targt pasar yang sesuai dengan produk kamu. Percuma dong kamu sudah capek-capek bikin dan blast email tapi nyatanya sedikit atau bahkan tak ada satupun yang tertarik untuk membuka email mu karena mereka bukan target pasar kamu. Maka dari itu, strategi ini sangat penting untuk dilakukan.
Buat Copywriting yang Mendorong Rasa Penasaran Audiens
Calon pembeli atau audiens cenderung akan tertarik dengan suatu hal yang akan menumbuhkan rasa keingintahuan mereka. Mulai dari subject line sampai isi email, kamu perlu menciptakan sebuah copywriting yang membuat mereka penasaran untuk membuka isi email kamu. Sedikit trik untuk kamu yang bingung membuat copywriting untuk email marketing: buatlah isi email yang simple dan panjangnya cukup, gunakan power words atau kata-kata yang memotivasi pembaca untuk mengambil action (seperti kata promo, sekarang juga, dll), gunakan data valid dari sumber berupa angka, data, atau kutipan ahli, tawarkan keuntungan yang akan kamu berikan dan setting email dengan nama audiens penerima email agar lebih terasa hangat dan dekat.
Tentukan Waktu yang Tepat untuk Mengirim Email Marketing
Waktu juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan dalam proses blast email. Identifikasi kapan waktu dimana orang-orang biasanya akan membuka email. Dilansir dari CoShedule, jam terbaik untuk mengirim email marketing biasanya ada pada pukul 6 pagi, 10 pagi, 2 siang, 8 malam dan 10 malam sedangkan untuk hari terbaik mengirim email adalah Selasa, Rabu dan Kamis. Algoritma ini akan terus berubah jadi usahakan untuk rutin melakukan riset setiap minimal 2 atau 3 bulan sekali ya. Untuk training Digital Marketing, kamu bisa mengikuti online course dari Digital Marketing School dengan mengunjungi website ini. Info lebih lanjut silakan hubungi Instagram kami di sini ya.
[super_form id=”14361″]