Panduang Lengkap Buat “Toko Virtual” Dengan Instagram Shopping!

Instagram menjadi salah satu social media yang banyak netter gunakan saat ini. Semakin berjalannya waktu banyak fitur instagram yang semakin canggih dan sangat bermanfaat untuk kebutuhan bisnis. Salah satu fitur yang harus kamu coba adalah Instagram Shopping.  Fitur ini bertujuan untuk memberi bisnismu etalase yang imersif bagi orang-orang untuk menjelajahi produk terbaikmu. Dengan Instagram Shopping, kamu dapat membagikan produk unggulan melalui postingan dan instastory-mu, followers juga bisa menemukan produkmu di Penelusuran & Jelajah. Sebelum membaca artikel ini ada baiknya kamu membaca artikel sebelumnya di sini. Nah kalau sudah, kini saatnya kamu menjadikan akun Instagram toko virtual dengan Instagram Shopping! 

Konfirmasi Layak Tidaknya Akunmu

Untuk mengaktifkan Instagram Shopping, pastikan bisnismu sudah memenuhi semua syarat ini:

  • Pastikan akunmu akun bisnis/kreator
  • Memiliki produk yang memenuhi syarat
  • Mematuhi perjanjian perdagangan dan kebijakan perdagangan
  • Mempunyai domain situs yang akan kamu kamu gunakan untuk berjualan

Hubungkan Ke Halaman Facebook

Cara menautkan akun Instagram business ke suatu halaman Facebook:

  • Buka profile Instagram bisnis, lalu klik “Edit Profil” pada bagian “Informasi Bisnis Publik”,
  • Klik “Halaman” Pilih Halaman Facebook dari Halaman Anda yang akan kamu hubungkan
  • Jika Anda tidak memiliki Halaman Facebook, pilih “Buat Halaman Facebook Baru”

Upload Product Catalogue

Ada dua cara menghubungkan katalog produk ke akun Instagram Business Anda:

Pengelola Katalog, metode “mandiri” yang ada pada Pengelola Facebook Business. Katalog ini menyimpan informasi tentang semua produk yang ingin kamu iklankan atau jual melalui Facebook dan Instagram. Tak hanya itu, kamu juga dapat menghubungkan katalogmu ke berbagai jenis platform dan penjualan untuk menunjukkan produk yang kamu jual kepada konsumen. Termasuk Toko pada Facebook dan Instagram, campaign ads, dan lainnya.

Partner Platform Ecommerce, dengan ini kamu bisa mengintegrasikan melalui salah satu partner platform ecommerce Instagram yang tersertifikasi, seperti Shopify atau BigCommerce, dll.

Sabar… Instagram Sedang Meninjau!

Setelah melakukan semuanya, saatnya kamu ajukan peninjauan akun. Peninjauan akun biasanya memerlukan sebentar jika akunmu memang kredibel, tapi terkadang lebih lama untuk beberapa akun. Jadi… kamu perlu bersabar ya. Kamu lakukan dengan langkah-langkah berikut:

Buka profil Instagram bisnis, lalu klik “garis tiga” Pilih “Pengaturan” Daftar untuk shopping Ikuti langkah-langkah mengajukan peninjauan akun. Setelah itu, klik “Belanja” pada “Pengaturan” untuk melihat status Anda setiap saat. Beberapa pelaku bisnis mungkin mendapat pemberitahuan bahwa kamu memerlukan informasi tambahan untuk membuktikan kepemilikan domain situs webnya. Jika kamu menerima pemberitahuan seperti itu, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya untuk proses verifikasi domain agar dapat mengajukan peninjauan akun.

Ada beragam cara-cara menarik yang mungkin belum kamu ketahui tentang berbisnis di Instagram, makannya jangan sampai ketinggalan, ikuti segera online course Optimasi Instagram untuk Bisnis hanya di Digital Marketing School. Kik DI SINI untuk informasi lebih lengkap seputar online course Optimasi Instagram untuk Bisnis.

Follow Instagram kami di @digitalmarketingschool.id untuk informasi update seputar digital marketing.

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Field is required!
Field is required!
Field is required!

Post a Comment