Jualan Online Tak Kunjung Laku? Mungkin Kamu Salah dalam 5 Hal Ini

Berjualan via online akhir-akhir ini menjadi tren di kalangan para pebisnis baik yang pemula maupun yang sudah lama berkecimpung. Sekilas berjualan via online memang terlihat menggiurkan karena kamu tidak perlu capek menawar-nawarkan barang secara langsung kepada calon konsumen. Namun, hal itu tentu tidak berlaku bagi semua yang terjun di dunia bisnis online karena ada saja orang-orang yang gagal merintis bisnis via online. Kalau jualan via online tak kunjung laku umpamanya di Instagram, mungkin kamu salah dalam menerapkan 5 hal berikut!

Menggunakan Akun Pribadi

Saat ini hampir setiap orang memiliki akun instagram untuk tetap terhubung ke orang-orang terdekat. Fatalnya banyak pebisnis pemula yang menggunakan akun pribadi untuk memposting foto-foto produk. Sebenarnya tidak salah, hanya saja untuk memulai berbisnis kamu lebih baik membuat akun IG lain, bukankah hal tersebut lebih terlihat professional?

Hashtag yang Tidak Relevan

Salah satu cara efektif berjualan di social media adalah menggunakan hashtag untuk jangkauan yang lebih luas. Mau dimanapun jualannya, tetap gunakan hashtag yang relevan dengan produk yang kamu tawarkan. Bukan tidak mungkin, menggunakan hashtag yang tidak relevan justru membuat audiensmu tidak tertarik.

Spamming

Satu hal yang membuat audiens bahkan followersmu kesal adalah spamming konten. Umumnya hal ini terjadi di tiga social media besar yaitu Facebook, Instagram, dan Twitter. Spamming konten bisa berbentuk memposting konten secara terus menerus dalam beberapa menit maupun berkomentar di postingan orang lain dengan memperkenalkan produk yang kamu punya. Usahakan untuk menghindari hal ini sebaiknya kamu segera untuk membuat jadwal posting konten.

Tidak Responsif

Ketika kamu telah memutuskan untuk berjualan secara online, pastikan tanamkan dalam dirimu untuk membantu orang-orang yang bertanya tentang produk. Hal tersebut berlaku di platform mana saja sebab orang-orang tentu akan bertanya-tanya ketika kamu menawarkan produk tapi kamu bahkan tidak merespon pertanyaan audiens.

Melupakan Fitur Advertisement

Hal ini yang mungkin sering terlewati orang-orang yang berbisnis via social media, tidak mencoba fitur advertisement. Padahal fitur ads ini harganya tidak terlalu mahal dibandingkan dengan promosi secara biasa, yang lebih penting dengan fitur ads kamu bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

 

Setelah kamu mengetahui hal-hal yang harus dihindari ketika berjualan di social media usahakan untuk selalu menggunakan cara lain yang lebih baik dan kreatif.

Kamu bisa mempelajari cara memanfaatkan Ads di Instagram untuk berbisnis melalui online course Optimasi Instagram untuk Bisnis hanya di Digital Marketing School.

Follow Instagram kami di @digitalmarketingschool.id untuk info terupdate seputar digital marketing.

 

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Field is required!
Field is required!
Field is required!

Post a Comment